Diduga Banyak Gagal Kontruksi, SNIPER INDONESIA Hearing Dengan DPRD dan PUPR -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Diduga Banyak Gagal Kontruksi, SNIPER INDONESIA Hearing Dengan DPRD dan PUPR

, 12/10/2019 08:35:00 AM
Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Banyaknya kegagalan konstruksi, rusaknya pembangunan Insfratruktur khsusunya Jalan seperti program pembangunan peningkatan jalan di Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi Tahun Anggaran 2018 maupun 2019. Yang mana dalam pelaksanan pembangunan jalan dikerjakan bertingkat - tingkat bagaikan membangun sebuah hotel, Hal ini menjadi sorotan publik di Kabupaten Bekasi. Salah satunya datang dari Ketua Umum LSM SNIPER INDONESIA, Gunawan.

Sebelumnya LSM SNIPER INDONESIA telah mengirimkan Surat yang ditunjukan kepada Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, tanggal 06 Desember 2019 dengan Nomor 03/SNIPER/DPRD/XII/2019 Perihal Permohonan Rapat Dengar Pendapat (Hearing) dengan Dinas PUPR. 

Ketua Umum LSM SNIPER INDONESIA, Gunawan menegaskan dihadapan Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Aria Dwi Nugraha, Wakil Ketua Komisi III, H. Cecep Noor dan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Heru Pranoto.

Apabila di Tahun Anggaran 2020 nanti, Dinas PUPR Kabupaten Bekasi masih melakukan teknis pelaksanaan Fisik Pembanguan peningkatan jalan dengan cara/pola tahun sebelumnya yaitu tidak membongkar total jalan beton yang rusak, dan langsung menimpa dengan beton baru sehingga jalan bertingkat - tingkat bagaikan Bangunan Hotel maka LSM SNIPER INDNESIA akan menghentikan pelaksanaannya dilapangan. 

"Saya tegaskan kalau masih ada Pembangunan jalan beton tanpa terlebih dahulu mengeruk jalan beton yang rusak, dengan cara langsung di cor bertingkat seperti bangunan Hotel" Maka SNIPER akan hentikan", tegas Gunawan diruang rapat Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Senin (09/12/2019).

Hal itu kata Gunawan dalam upaya mencegah dan mengurangi kerugian Keuangan Daerah.

Lebih Lanjut Gunawan menjelaskan kalau seperti itu terus-terusan dilakukan mau berapa tingkat nanti jalan di Kabupaten Bekasi? tanya Gunawan.

"Apakah dengan membangun jalan ditingkat seperti Hotel akan berkualitas?. Buktinya pekerjaan yang dilakukan pada Tahun Anggaran 2018 sekarang sudah belah-belah", jelas Dia.

Kalau alasan hanya terkendala penghapusan aset, banyak daerah lain bisa, masa Kabupaten Bekasi tidak, terus bagaimana dengan Pembangunan Puskesmas, Sekolah dan lain-lain bisa, masa Jalan tidak Bisa, tandas Gunawan.

Menggapi hal itu Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Heru Pranoto menjelaskan pertama bahwa kenapa kita lakukan jalan tingkat karena memang beberapa lokasi kontur tanahnya yang labil.

Kedua kenapa jalan ditingkat atau kita tumpuk dan tidak dilakukan keruk karena terkait penghapusan Aset, nanti kita akan kordinasikan dengan Bagian Aset.

"Bagaimana agar bisa dilakukan pengerukan dan mekasnisme apa yang harus kita tempuh, supaya tidak bertumpuk dan dilakukan pengerukan, nanti kita kordinasikan ke Bagian Aset",jelas Heru Pranoto

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Ari Dwi Nugraha mengatakan, tadi sudah disampaikan oleh Dinas terkait dan kita tunggu bagaimana hasilnya.

Tentu ini semua juga menjadi Evaluasi bagi DPRD Kabupaten Bekasi dalam Pembangunan Insfratruktur yang sudah disampaikan tadi, pokoknya akan kita Evaluasi. (*)



Rep : Ahim
Red : JF

TerPopuler

close