Kini Pukul :

Film The Santri Yang Kontroversi, Karena Adegan Wirda Mansyur Dan Veve Zulfikar Berada Di Dalam Gereja.

Film The Santri Yang Penuh Kontroversi.
Vnn.co.id, Jakarta — Diawal pembuatan sebuah karya film yang digagas oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang menggandeng sutradara Livi Zeng untuk menggarap film berlatarkan dunia pesantren.

Dibuatlah Film dengan judul "The Santri" yang digadang-gadang akan diputar di beberapa negara, termasuk di Amerika Serikat. Film The Santri direncanakan tayang bertepatan dengan Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2019.

Namun, film yang trailernya baru rilis 9 September 2019 pekan lalu rupanya telah menuai berbagai kontroversi. 

Berikut ini sejumlah kontroversi film The Santri yang dirangkum vnn.co.id dari berbagai sumber, Selasa (17/09/2019).

1. Kedekatan Gus Azmi dan Wirda Mansyur dinilai gimmick untuk promosi film
Kontroversi yang pertama ialah terkait kedekatan Gus Azmi dan Wirda Mansyur yang dinilai sebagai gimmick sebagai bagian dari promosi film.

Gus Azmi dan Wirda Masyur memang terlihat begitu dekat saat pembuatan film The Santri. Bahkan foto-foto kedekatan mereka sering mendapat cibiran di media sosial.

2. Gus Azmi dan Wirda Mansyur dinilai merusak citra santri
Kedekatan Gus Azmi dan Wirda Mansyur pun dinilai warganet sebagai sesuatu yang merusak citra santri. Salah satu pengguna media sosial bernama @Shifrunn membagikan video kedekatan dua remaja tersebut di akun Instagram dengan judul "Bukan Akhlak Santri".

Video tersebut pun mendapat berbagai reaksi dari pengguna media sosial. Termasuk Taqy Malik yang menyayangkan hal tersebut. Dai kondang Yusuf Mansur yang tak lain merupakan ayah dari Wirda Mansur pun menyatakan terima kasih atas kritikan tersebut.

3. Livi Zeng dinilai tidak memahami dunia pesantren
Kontroversi berikutnya ialah terkait sang sutradara, yakni Livi Zeng. Banyak pihak yang mengatakan jika Livi kurang tepat menyutradai film berlatar pesantren. Sebab dia dinilai tidak memahami kehidupan pesantren.

Namun hal tersebut dibantah oleh Livi. Menurut sutradara yang disebut-sebut telah "menembus jagat Hollywood" ini, kisah dalam film tersebut ditulis oleh PBNU. Sedangkan pihaknya hanya ikut memberikan revisi di beberapa poin.

4. Para pemain dinilai "asal comot"
Kanal YouTube Fuad Mubarok dalam video yang diunggahnya menyebutkan jika film garapan Livi Zeng ini menggunakan pemain yang 'asal comot'. Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 116 ribu viewer tersebut, Fuad mengatakan jika para pemain film The Santri tidak melalui proses casting.

5. Pesan toleransi dalam film dinilai tidak tepat
Persoalan toleransi beragama memang masih menjadi bahan perdebatan di masyarakat. Pun dalam film The Santri. Terlebih dalam trailer yang sudah dirilis, terdapat adegan Wirda Mansyur dan Veve Zulfikar masuk ke dalam gereja dan memberikan nasi tumpeng kepada seorang pastur yang terlihat sedang memimpin ibadah jemaat.

Itulah 5 kontroversi yang mengiringi pembuatan film The Santri. Meski demikian, banyak juga lho yang memuji dan mengapresiasi film garapan Livi Zeng ini.

Redaksi

No comments