Wakapolres Tanggamus Hadiri Launching BPNT Dinsos Pringsewu -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Wakapolres Tanggamus Hadiri Launching BPNT Dinsos Pringsewu

, 6/25/2019 07:58:00 PM
Wakapolres Tanggamus, Kompol MN. Yuliansyah, S.H.,M.H
Vnn.co.id, Pringsewu - Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM. Wakapolres Kompol MN. Yuliansyah, SH. MH menghadiri Launching program bantuan pangan non tunai (BPNT) Kabupaten Pringsewu 2019. 

Kegiatan digelar Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu dipusatkan di Pendopo Pringsewu, Kelurahan Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu, Selasa (25/6/19) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Kepala Inspektorat Kabupaten Pringsewu Endang Budiati, Kadis Sosial Provinsi Lampung, Kadis Sosial Kabupaten Pringsewu Bambang Suhermanu, Direktorat Jenderal Pangan, Perwakilan Bulog dan Kepala cabang BRI Kabupaten Pringsewu. 

Wakapolres Kompol MN. Yuliansyah, SH. MH selaku Satgas Bansos Polri dalam kesempatan itu berpesan agar bantuan negara yang menggunakan anggaran negara berarti tidak boleh di ambil yang bukan hak nya, atau ada petugas yang memotong motong bantuan. 

"Pesan kami agar bantuan menggunakan uang negara harus tepat sasaran dan jangan sampai dipotong karna akan berdampak hukum. Untuk itu petugas harus berhati hati dalam melakukan tugasnya," pesannya.


Sementara, Kepala dinas Sosial Kabupaten Pringsewu Bambang Suhermanu dalam sambutannya mengatakan jumlah penerima bantuan 20767KPM se Kabupaten Pringsewu. 

Dimana BPNT sebanyak 20.767 KPM Sesuai dengan Undang Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang PenangananFakir Miskin Pasal 9 ayat 1,2 dan 3.

"Kuota tersebut sangat mungkin berubah baik bertambah maupun berkurang seiring dengan proses Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu Kemiskinan Kabupaten Pringsewu," kata Bambang.

Sementara itu Kepala Cabang BRI Pringsewu Indra Budi Samiaji mengungkaapkan dalam rangka mendukung proses penyaluran BPNT, BRI telah menyiapkan 10 unit kerja di seluruh Pringsewu dan sampai saat ini sudah mulai disalurkan 65 persen. 

"Dalam tempo yang singkat seluruh kartu dan buku bisa 100 persen, apabila dalam pelaksanaan ada beberapa hal yang menjadi kendala nanti silahkan di komunikasikan ke BRI," ungkapnya. 

Ditempat sama, mewakili Bupati Pringsewu Hi. Sujadi, Kepala Inspektorat Endang Budiati dalam sambutannya mengatakan Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) diluncurkan sebagai upaya untuk menyalurkan bantuan pangan, yang selama ini melalui Program Bantuan Beras sejahtera (Rastra), agar lebih tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu. 

Kemudian, melalui Program BPNT diharapkan dapat memberikan keleluasaan penerima manfaat progam dalam memilih jenis, kualitas, harga, dan tempat membeli bahan pangan. 

"Program BPNT juga diharapkan dapat sekaligus meningkatkan ekonomi rakyat dengan memberdayakan ribuan kios/warung/toko yang ada sehingga dapat melayani transaksi secara elektronik melalui sistem perbankan," ucapnya. 

Ditambahkannya, dengan melalui sistem
perbankan, penyaluran BPNT diharapkan juga dapat mendorong perilaku produktif masyarakat. Sehingga lebih jauh, penggabungan dengan program bantuan sosial lain melalui sistem perbankan akan memberikan kesempatan akumulasi aset yang berpotensi mendorong kegiatan ekonomi.

"Tentunya dalam rangka meningkatkan evektifias dan ketepatan sasaran penyaluran bantuan sosial dan mendukung keungnan inklusif," tandasnya. (Azh)

TerPopuler

close