Kini Pukul :

Ustadz Heriansyah Ketua GNPF Ulama Sumatera Utara Tersangka Kasus Makar.

Sumber Fhoto: Google
Vnn.co.id, Sumatera Utara — Kepolisian Daerah Sumatera Utara melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum menetapkan dua tersangka kasus dugaan makar. Salah satunya, Ustaz Heriansyah yang merupakan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Sumut.

Bersama Ustadz Heriansyah ada Rafdinal yang menjabat sebagai Wakil Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Sumut.
Dilansir dari Vivacoid "Ada dua tersangka, Zulkarnaen dan Rafdinal," Beber Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, kepada wartawan di Medan, Selasa 28 Mei 2019.

Dirinya menjelaskan penetapan status tersangka ini bukan kriminalisasi. Namun, memang perbuatan yang melawan hukum.
"Ini bukan kriminalisasi, tapi ada perbuatan melawan hukum. Ada peraturan yang dilanggar dan ada orang yang melaporkan," Tambah Agus.

Atas kejadian ini, aparat kepolisian mejemput paksa Rafdinal di kawasan Jalan Abdullah Lubis, Medan pada Senin 27 Mei 2019. Hingga saat ini, pemeriksaan masih dilakukan di Mapolda Sumut secara meraton.

Kemudian, Agus mengatakan aksi unjuk rasa 21-22 Mei di Jakarta dan Medan masih ada keterkaitan. Ia menduga ada upaya yang tujuannya untuk mengarahkan kericuhan seperti di Jakarta.

"Apalagi sudah ada kegiatan. Jakarta-Medan ini kan satu napas. Mereka tidak bisa berdiri sendiri. Ini saling berkait di mana tujuannya untuk memprovokasi masyarakat. Harapannya di Medan kejadiannya sama (seperti di Jakarta)," tutur Agus.

Agus mengatakan akan mendalami penyelidikan kasus dugaan makar, yang akan melibatkan pihak lain di dalamnya. Termasuk melakukan sejumlah saksi dalam kasus ini.
"Ini harapannya bisa dicegah. Silent majority lebih banyak, kasihan masyarakat lain, seharusnya serahkan dengan mekanisme yang berlaku," kata Agus.

Redaksi

No comments