Bupati Musi Rawas Ajak Semua Komponen Masyarakat Bersinergi Membangun Desa. -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Bupati Musi Rawas Ajak Semua Komponen Masyarakat Bersinergi Membangun Desa.

, 11/04/2018 03:13:00 PM
Peresmian Bupati Dihadapan Warga.

Vnn.co.id, Kabupaten Musi RawasBupati Musirawas H. Hendra Gunawan mengajak seluruh komponen bersinergi membantu pembangunan desa, Bupati mengatakan saat peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), Bhakti Sosial TNI-KB-Kes dan Pencanangan Kampung KB di Desa Air Lesing Kecamatan Muara Beliti, Selasa (16/10/2018).

Dalam sambutannya, Hendra mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan penghargaan kepada Dandim 0406 dan seluruh jajarannya yang sudah banyak membantu kegiatan ini. Hendra juga mengajak masyarakat untuk terus melestarikan gotong royong, yang merupakan budaya warisan nenek moyang dalam saling membantu satu sama lainnya.

Kegiatan seperti ini setiap tahun akan terus diselenggarakan, merupakn modal untuk membangun bangsa dan daerah agar dapat lebih baik lagi kedepannya. Meski diketahui bahwa mendidik keluarga sangat penting, apalagi khususnya membentengi keluarga dari pengaruh negatif.
Bupati Saat Memberikan Sambutannya.
“Intinya, melalui kegiatan ini mari kita melakukan intropeksi dan evaluasi apa yang harus diperbaiki kedepan. Khususnya menjaga anak dan keluarga dari hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sementara Dandim 0406 Letkol Kav Dodi Syamsurizal mengatakan, sebelum adanya MoU panglima TNI dengan pemerintah pada 2013 lalu, Bhakti Sosial TNI-KB-Kes belum optimal dan maksimal. Namun setelah adanya MoU, kegiatan ini setiap tahunnya dapat berjalan sesuai diharapkan.

“Kegiatan ini dilaksanakan karena ada unsur-unsur urgen yang harus ditangani, khususnya mengenai pertumbuhan penduduk yang cepat dan berpengaruh terhadap ketersediaan sandang, pangan tenaga kerja serta ekonomi. Sehingga, kegiatan ini akan terus didorong agar Musi Rawas menjadi percontohan,”katanya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel, Waspi mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya baik kepada Bupati Musi Rawas dan Dandim 0406 yang telah memberikan dukungan serta komitmen yang tinggi terhadap kegiatan ini.

“Diselenggarakannya kegiatan Harganas ini untuk meningkatkan komitmen bagi pemangku kerja agar dapat membangkitkan semangat dan menerapkan Delapan fungsi keluarga sehingga terciptanya ketahanan dan kesejahteraan keluarga,” kata Waspi.

Waspi juga menjelaskan, bahwa kegiatan TNI-KB-Kes merupakan momentum penting yang diharapkan dapat berkontribusi nyata dalam meningkatkan kepesertaan KB baik di Musi Rawas, Provinsi dan Nasional.

Dimana jelasnya, pembentukan kampung KB merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI agar manfaat program kependudukan KB dan pembangunan keluarga dapat dirasakan langsung, khususnya bagi penduduk daerah terpencil dan tertinggal.

“Untuk sasaran kampung KB yakni warga miskin, padat penduduk, kurang memiliki akses kesehatan dan antusias ber-KB masih rendah. Sehingga dengan adanya kampung KB, diharapkan program KB dapat bergema kembali dan dapat menjangkau desa,”katanya.

Diketahui, pada momen peringatan Harganas, Bhakti Sosial TNI-KB-Kes dan pencanangan kampung KB ini, H Hendra Gunawan didampingi Ketua TP PKK Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan beserta Dandim 0406, Kajari Lubuklinggau Hj Zuraidah dan sejumlah tamu lainnya bernyanyi bersama dengan masyarakat dan anak- anak, untuk mendorong rasa cinta pada keluarga.

Selain penyerahan berbagai hadiah dan penghargaan, juga diadakan berbagai pelayanan kesehatan bagi masyarakat termasuk khitanan gratis bagi sejumlah anak.

Jurnalis: Herlyansyah
Editor: Rawangga

TerPopuler

close