Kini Pukul :

Takut Kelaparan, Ratusan Ribu Warga Venezuela Pergi Meninggalkan Negaranya Menuju Kolombia / Brazil

Ratusan Ribu Warga Venezuela Melintasi Perbatasan Negara Tetangga.
vnn.co.id, Internasional - Negara Brazil dan Kolombia memperketat pintu perbatasannya terhadap negara Venezuela setelah ratusan ribu orang berusaha menyelamatkan diri dari kelaparan dan krisis politik di negara mereka.
Negara tetangga Venezuela itu mengerahkan pasukan keamanan di perbatasan yang mana orang Venezuela menyemut dalam jumlah sangat banyak beberapa bulan belakangan, lapor Euronews Sabtu (10/2/2018).
dilansir dari Hidayatullah.com, Ribuan rakyat Venezuela bergegas menuju perlintasan perbatasan dengan Kolombia setelah Presiden Kolombia Juan Manuel Santos mengumumkan pengetatan kontrol perbatasan.
Cuma pemilik kartu khusus melintas perbatasan atau paspor yang diperbolehkan melintasi pintu perbatasan masuk ke wilayah Kolombia.
Banyak rakyat Venezuela yang khawatir peraturan baru itu akan mempersulit mereka untuk menyeberang ke Kolombia guna mencari pekerjaan temporer atau membeli barang kebutuhan dasar.
Pemerintah Kolombia menduga jumlah warga Venezuela yang akan menetap permanen di Kolombia bertambah, karena krisis di negara asal mereka semakin memburuk.
Aparat Keamanan Kolombia Menjaga Perbatasan Negara.
Enam bulan terakhir Kolombia secara resmi telah menampung tidak kurang dari setengah juta pengungsi Venezuela.
Brazil juga mengutarakan kekhawatirannya terhadap ribuan orang yang berusaha melintasi perbatasannya dan mengatakan akan memindahkan para pengungsi dari daerah dekat perbatasan di mana pelayanan sosial kurang memadai.
Kelangkaan pangan dan krisis ekonomi mendorong ratusan ribu rakyat Venezuela meninggalkan kampung halaman mereka.
Saat ini sebagian besar perusahaan memberi gaji di Venezuela hanya bernilai setara beberapa euro saja akibat hiperinflasi.
Nicholas Maduro sudah mengumumkan akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu bulan April.

Reporter: ADK
Editro: IP

No comments