Benarkah Ketindihan Itu Disebakan Oleh Jin? Berikut Penjelasan Ilmiahnya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Benarkah Ketindihan Itu Disebakan Oleh Jin? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

, 8/13/2018 11:25:00 PM
Ilustrasi Ketindihan Ketika Tidur (c) google
vnn.co.id - Ada yang pernah mengalami ketindihan?
Banyak orang menganggap hal ini disebabkan oleh jin, benarkah demikian? Berikut penjelasan ilmiahnya dan fenomena ketindihan yang terjadi di beberapa Negara:

Dalam kacamata kesehatan, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur kemudian merasa sesak nafas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut Sleep Paralysis alias Tidur Lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh).

Hampir setiap orang pernah mengalaminya, setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Tindihan bisa terjadi pada lelaki atau perempuan.

Dan, usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep Paralysis berlangsung dalam hitungan detik, hingga menit.

Yang menarik, saat tindihan terjadi, kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk Inkubus atau Old Hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul.

Di budaya China, disebut Gui Ya Shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.

Di budaya Meksiko, disebut Se Me Subio El Muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.

Di budaya Kamboja, Laos, dan Thailand, disebut Pee Umm, mengacu pada kejadian dimana seseorang tidur dan bermimpi mahluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.

Di budaya Turki, disebut Karabasan, dipercaya sebagai mahluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil nafasnya.

Ya, hampir setiap Negara mempunyai istilah tersendiri untuk menyebut tindihan, dan semua Negara di belahan bumi nyaris percaya tindihan disebabkan mahluk halus.

Sumber: tipskita id
Editor: Ard

TerPopuler

close