Pendidikan Islam Menurut Zakiah Daradjat -->
IKLAN PEMDA BEKASI IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Pendidikan Islam Menurut Zakiah Daradjat

, 1/20/2024 02:59:00 PM


 akiah Daradjat adalah Psikolog Muslim,  namun beliau memiliki perhatian yang luar biasa terhadap pendidikan Islam.  Pemikiran pendidikannya pun cenderung ke arah pendidikan jiwa terutama kesehatan mental.  Saya akan mencoba menulis dan meringkas pemikiran Zakiah Daradjat beberapa hari kwdepan,karena menurut saya pemikiran beliau ini sangatlan penting dan berguna untuk keberlangsungan pendidikan kita hari ini.

Pendidikan dalam pemahaman Zakiah mencakup kehidupan manusia seutuhnya,  tidak hanya memperhatikan segi aqidah saja,  juga tidak memperhatikan segi ibadah saja,  tidak pula segi akhlak saja.  Akan tetapi jauh lebih luas dan lebih dalam daripada itu semua. 


Pengertian kesehatan mental yang berkaitan dengan potensi anak yakni terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa,  serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem-problem yang biasa terjadi terhindar dari kegelisahan dan pertentangan bathin. 


Menurut Zakiah konsep pendidikan Islam adalah sebagai berikut: pertama pendidikan Islam mencakup semua dimensi manusia sebagaimana yang ditentukan oleh Islam. 


kedua, pendidikan Islam menjangkau kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat secara seimbamg


Ketiga Pendidikan Islam memperhatikan manusia dalam semua gerak kegiatannya, serta mengembangkan padanya daya hubungan dengan orang lain


keempat pendidikan Islam berlanjut sepanjang hayat,  mulai dari manusia sebagai janin dalam kandungan ibunya, sampai kepada berakhirnya hidup di dunia


Dan, kelima dengan melihat ungkapan diatas, maka kurikulum pendidikan Islam menghasilkan manusia yang memperoleh hak di dunia dan hak di akhirat nanti. 


Konsep pendidikan Zakiah berupaya mencakup seluruh dimensi,  eksistensi,  dan relasi manusia.  Konsep pendidikan yang demikian ini hanya akan terwujud bila proses dan pelaksanaan pendidikan berjalan secara terus menerus dan pemahaman pendidikan bukan hanya proses belajar mengajar di sekolah belaka.


Pemahaman tentang pendidikan Islam yang demikian pada gilirannya  akan menimbulkan kesadaran umat Islam bahwa pendidikan bukan hanya di sekolah atau madrasah belaka.  Pendidikan Islam harus mencakup seluruh dimensi manusia.


Pendidikan yang dilaksanakan harus mampu mengembangkan dimensi yang dalam diri sebagai pengendali utama kehidupan manusia yaitu kepribadian yang meliputi seluruh unsur pengalaman, pendidikan,  dan keyakinan yang diperolehnya sejak kecil. 


Penolong kesukaran,  pendapat Zakiah dalam hal ini sangat beralasan,  sebab dengan ketenangan bathin, seseorang akan mampu menganalisis faktor-faktor penyebab kekecewaan. 


Bahkan pada gilirannya dia mampu menghindarkan diri dari gangguan perasaan yang merupakan efek dari kekecewaan tersebut,  ia pun akan menjalani kehidupannya dengan perasaan optimis.


Mententramkan bathin, Zakiah menegaskan bahwa bathin yang dalam keadaan resah,  agama akan memberikan jalan dan siraman penyejuk hati.


Pengendali moral,  Zakiah menyatakan nilai moral dalam agama Islam diatur dan dijelaskan dalam bentuk suruhan atau larangan Tuhan. Apa yang disuruh Tuhan merupakan nilai yang baik dan yang dilarang-Nya merupakan nilai yang buruk.  


Gangguan mental,  Zakiah menegaskan bahwa dalam rangka mencari alternatif untuk menanggulangi kesusahan-kesusahan yang diderita orang dalam masyarakat modern,  beraneka ragam ilmu pengetahuan  kemanusiaan berkembang cepat,  karena itu, dalam ilmu jiwa dan kedokteran jiwa muncullah ahli-ahli dengan teorinya masing-masing,  keseluruhannya bertujuan untuk mengembalikan kebahagiaan kepada tiap orang yang menderita itu. 


Terkait kesehatan jiwa dan mental saya akan menulis pemikiran Zakiah Daradjat secara khusus.


Peranan pendidika Islam sangatlah penting dalam membina kesehatan mental.  Dengan pendidikan Islam,  maka seseorang akan mampu melaksanakan tugas-tugas yang di embannya dengan baik.



TerPopuler

close