Bandara Internasional Banyuwangi: Penerbangan Umrah di Tahun Ini Terealisasi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Bandara Internasional Banyuwangi: Penerbangan Umrah di Tahun Ini Terealisasi

, 1/15/2024 10:35:00 AM

 

Bandara Internasional Banyuwangi (Kompas.com/Rizki Alfian Restiawan)


VNN.CO.ID, Jakarta - Bemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II (Persero), melakukan pertemuan strategis guna mempersiapkan skema pemberangkatan umrah dari Bandara Internasional Banyuwangi. Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, optimis bahwa penerbangan umrah dari bandara tersebut dapat direalisasikan dalam tahun ini.


"Semoga semua lancar, agar warga Banyuwangi dan wilayah sekitarnya bisa semakin mudah melaksanakan ibadah umrah," ujar Ipuk pada pertemuan tersebut pada Senin (15/1/2024).


Pertemuan tersebut melibatkan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, PT Angkasa Pura II, Kantor Kementerian Agama Banyuwangi, perwakilan Kantor Kemenag Jember dan Situbondo, serta sejumlah penyelenggara perjalanan ibadah umrah dan stakeholder lainnya.


Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Banyuwangi, Johan Seno Acton, menjelaskan bahwa dalam rapat tersebut, mereka membahas berbagai aspek teknis terkait skema penerbangan jemaah umrah. Saat ini, skema pemberangkatan jemaah umrah dari Bandara Banyuwangi masih harus melibatkan transit di negara-negara seperti Malaysia, Singapura, atau Thailand.


"Ini sangat mungkin karena Bandara Banyuwangi sudah berstatus internasional. Tinggal kesepakatan nanti," kata Johan. Dia menambahkan bahwa penerbangan umrah dari Bandara Internasional Banyuwangi rencananya akan menggunakan pesawat Boeing 737 atau Airbus A320, yang kemudian disambungkan dengan pesawat Saudi Airlines menuju Jeddah.


Rencana ini muncul seiring dengan peningkatan jumlah jemaah umrah asal Banyuwangi yang mencapai lebih dari 12.000 orang sepanjang tahun 2023. Dengan semakin matangnya persiapan, Bandara Internasional Banyuwangi berpotensi menjadi pintu keberangkatan umrah yang strategis bagi warga Banyuwangi dan sekitarnya.***

TerPopuler

close