Ribuan Masyarakat Desa Tanjung Baru Ikuti Arak-arakan Kepala Kerbau -->

Ribuan Masyarakat Desa Tanjung Baru Ikuti Arak-arakan Kepala Kerbau

, 8/12/2022 04:13:00 PM


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Ribuan masyarakat Desa Tanjung Baru, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengikuti arak-arakan Kepala Kerbau yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Tanjung Baru, Jum'at (12/08/2022) Siang.

Panasnya terik matahari di siang hari tak menyurutkan semangat ribuan masyarakat Desa Tanjung Baru baik yang menggunakan sepeda motor maupun mobil mengikuti arak-arakan Kepala Kerbau yang mengelilingi wilayah perkampungan Desa Tanjung Baru yang sudah menjadi adat istiadat budaya leluhur dan Hajat Bumi yang selalu diselenggarakan setiap tahun, yang selama 2 tahun ini tidak selenggarakan karena adanya Covid-19.

Kepala Desa Tanjung Baru, Dudu Sumbali, langsung memimpin acara arak-arakan Kepala Kerbau ke berbagai wilayah perkampungan wilayah Desa Tanjung Baru.

Pantauan vnn.co.id, masyarakat Desa Tanjung Baru sangat antusias melihat arak-arakan. Bahkan tak sedikit masyarakat menyambutnya dengan menyiramkan air kepada masyarakat lainnya yang mengikuti arak-arakan. Karena menurut warga itu menjadi bagian yang tidak terpisahkan saat arak-arakan Kepala Kerbau.

"Selain adat budaya atau Hajat Bumi juga menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat untuk menyaksikan secara langsung arak-arakan Kepala Kerbau," kata Kepala Desa Tanjung Baru, Dudu Sumbali.

Sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah SWT dan juga melestarikan adat budaya tradisional atau Hajat Bumi.

"Semoga masyarakat Desa Tanjung Baru selalu diberikan kesehatan, dilancarkan usahanya, petani padi panennya bagus dan kita semua dijauhkan dari segala penyakit dan marabahaya," harap Kades Tanjung Baru, Dudu Sumbali.

Untuk diketahui, arak-arakan Kepala Kerbau dimulai dari Kantor Desa Tanjung Baru dengan keliling ke berbagai wilayah perkampungan Desa Tanjung Baru dan Finish di sebuah Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang selanjutnya Kepala Kerbau dilakukan tradisi untuk dikubur.

Rep : Ahim
Red : Ramdhan

TerPopuler

close