Jokowi Tunjuk Jenderal Andika sebagai Calon Tunggal Panglima TNI -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Jokowi Tunjuk Jenderal Andika sebagai Calon Tunggal Panglima TNI

, 11/04/2021 01:58:00 PM

 

Jenderal Andika Perkasa (Foto/wikipedia.org)
.

VNN.co.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi mengusulkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI baru menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto pada Rabu (03/11/2021). Jenderal Andika merupakan calon tunggal, dan keputusan itu tertuang dalam Surat Presiden yang dibacakan Ketua DPR Puan Maharani.

 

Keputusan tersebut dikeluarkan oleh presiden mengingat Marsekal Hadi Tjahjanto diketahui akan pensiun pada akhir November 2021.

 

“Presiden sudah menyampaikan surat presiden mengenai usulan calon Panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” ujar Puan.

 

“Dengan demikian, DPR akan menindaklanjuti usulan calon Panglima TNI yang baru, tentu saja setelah melalui rapat pimpinan yang akan menugaskan alat kelengkapan dewan, dalam hal ini Komisi I DPR,” ujarnya.

 

Puan juga menambahkan, keputusan presiden terhadap nama calon panglima TNI tersebut akan diseleksi dengan mekanisme yang ketat dalam rapat DPR sesuai dengan UU TNI. Hasil dari rapat tersebut akan diumumkan minimal 20 hari ke depan setelah surat permohonan Presiden tersebut.

 

Sedikit tentang profil Jenderal Andika, jabatan ia saat ini adalah kepala staf TNI AD atau KSAD dari tahun 2018. Sebelumnya, beragam tugas dan jabatan pernah ia lewati, di antaranya Andika pernah menjabat sebagai Panglima Kostrad, Dankodiklatad, Danpaspampres, hingga Pangdam Tanjungpura. Andika mengawali karir militernya di Kopassus TNI AD.

Rep: Pranaja

Editor: Mega

TerPopuler

close