Ini Urutan Skincare yang Benar, Gak Boleh Acak, lho! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ini Urutan Skincare yang Benar, Gak Boleh Acak, lho!

, 11/05/2021 09:10:00 PM


Skincare: Google.


Vnn.co.id, Kesehatan - Untuk menjaga kulit wajah yang sehat dan awet muda, urutan pemakaian skincare yang benar harus Anda perhatikan agar tidak sampai salah menggunakan. Namun, mana yang harus dipakai terlebih dahulu, pelembap atau sunscreen, ya? Essence atau serum wajah lebih dahulu? Toner atau serum duluan? Krim mata atau krim malam dulu? Simak penjelasan mengenai urutan selengkapnya di bawah ini. 


Urutan skincare pagi hari yang benar


Untuk mendapatkan manfaat skincare secara maksimal, Anda perlu mengetahui urutan pakainya yang tepat. Perlu diketahui bahwa ada sedikit perbedaan urutan skincare pagi dan malam hari. Pada pagi hari, penggunaan produk skincare bertujuan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV) matahari dan polusi udara. Nah, jangan sampai salah, berikut urutan skincare pagi hari yang benar dilakukan.


1. Sabun pembersih wajah


Cuci muka bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran di wajah. Urutan skincare pagi hari yang benar adalah cuci muka pakai sabun pembersih khusus, baik facial wash atau facial foamMembersihkan wajah dengan sabun cuci muka setelah bangun pagi bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman saat tidur. Jika wajah Anda sudah bersih, produk-produk selanjutnya yang akan digunakan menjadi lebih mudah menempel dan meresap ke dalam kulit wajah.


2. Toner wajah


Urutan pemakaian skincare pagi berikutnya adalah toner wajah. Toner wajah berfungsi untuk membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel setelah Anda membersihkan wajah. Penggunaan toner juga berfungsi membantu mengembalikan pH kulit Anda yang hilang saat tahapan mencuci muka. Selain itu, toner bisa membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare lainnya, seperti serum dan pelembap. Penggunaan toner untuk kulit berjerawat dengan kandungan tertentu dapat membantu meredakan peradangan, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru kemudian hari.


3. Essence


Bagi Anda yang keranjingan skincare, tentu sudah tidak asing lagi dengan produk essence. Ya, banyak perempuan yang mewajibkan essence sebagai salah satu produk perawatan wajah wajib hariannya. Termasuk dalam urutan pemakaian skincare pagi Anda. Bisa juga digunakan sebelum serum wajah.


Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi. Berfungsi untuk melembapkan dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit. Essence juga dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit, serta mencegah penuaan. Hal ini berkat kandungan hyaluronic acid, gliserin, dan vitamin C yang tinggi di dalamnya.


Anda dapat menggunakan essence dalam urutan pemakaian skincare sesudah memakai toner atau sebelum menggunakan serum wajah. Caranya, cukup tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan lalu usapkan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.


4. Serum wajah


Selanjutnya, urutan pemakaian skincare pagi adalah serum wajah. Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Serum dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.


Cara memakai serum wajah adalah dengan menuangkannya ke telapak tangan secukupnya atau seukuran lebih besar dari kacang polong. Lalu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara merata.Tepuk-tepuk area wajah dan leher secara perlahan agar serum wajah dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna. Untuk hasil yang maksimal, profesor dari departemen dermatologi Harvard Medical School, Dr. Maryam M. Asgari menekankan bahwa serum harus dioles pada kulit yang sudah bersih. Setelah terserap benar, urutan pemakaian skincare bisa dilanjutkan dengan menggunakan pelembap atau moisturizer.


5. Pelembap atau moisturizer


Mengoleskan pelembap atau moisturizer adalah urutan skincare pagi berikutnya. Moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulit wajah serta menghaluskannya. Bagi pemilik kulit wajah kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim. Tekstur krim yang lebih tebal juga bisa dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah kombinasi. Sementara itu, pelembap bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit wajah berminyak.


Cara memakai pelembap, yakni ambil pelembap dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat. Lewati penggunaan pelembap apabila toner atau serum wajah Anda sudah cukup melembapkan kulit, terutama bagi pemilik kulit berminyak. Gunakanlah produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit serta target masalah kulit yang Anda alami.


6. Tabir surya atau sunscreen


Menggunakan tabir surya atau sunscreen adalah urutan skincare pagi hari yang wajib Anda gunakan setiap harinya. Produk perawatan wajah satu ini berfungsi membantu melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari. Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan produk ke seluruh permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik. Setelah urutan skincare pagi hari selesai, Anda bisa langsung menggunakan produk make up atau riasan wajah yang diinginkan.


Urutan pemakaian skincare malam hari


Setelah menjalani rutinitas padat sejak pagi hingga sore hari, gunakan waktu pada malam hari untuk menenangkan wajah dengan melakukan perawatan kulit yang tepat. Meski tidak terlalu berbeda dengan urutan pemakaian skincare pagi hari, tetap ada tahapan skincare tambahan yang perlu Anda gunakan pada malam hari. Berikut adalah urutan skincare malam hari yang penting untuk digunakan.


1. Make up remover


Urutan skincare malam hari yang penting adalah menggunakan make up remover. Ya, pada malam hari, Anda perlu membersihkan wajah dari produk make up atau kosmetik yang digunakan selama seharian beraktivitas. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah dampak negatif dari produk make up yang tersisa. Anda dapat menggunakan make up remover berbahan dasar minyak guna menghapus make up yang mengandung minyak. Akan tetapi, bagi pemilik kulit berminyak sebaiknya gunakan make up remover berbahan dasar air agar wajah Anda tidak semakin berminyak. 


2. Produk pembersih wajah


Urutan pemakaian skincare pada malam hari berikutnya adalah menggunakan produk pembersih wajah. Walaupun Anda sudah menggunakan make up remover, membersihkan wajah dengan produk pembersih merupakan hal yang penting guna memastikan tidak ada lagi sisa make up, minyak, dan kotoran yang tertinggal di wajah. Anda bisa membersihkan wajah secara maksimal dengan micellar water atau cleansing oil dan cleansing milk. Pilih sesuai jenis kulit wajah, setelah menghapus make up dengan remover khusus. Kemudian, lanjut cuci muka dengan sabun pembersih yang sesuai dengan tipe kulit wajah Anda. Bilas wajah sampai bersih menggunakan air mengalir.


3. Scrub wajah atau eksfoliasi


Tahapan skincare pada malam hari perlu disempurnakan dengan proses eksfoliasi atau scrub. Eksfoliasi atau scrub berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Perlu diketahui bahwa melakukan eksfoliasi wajah tidak boleh dilakukan setiap hari. Cukup lakukan scrub wajah hanya 1-2 kali dalam seminggu.


4. Toner


Sama seperti urutan skincare pagi, Anda bisa menggunakan toner wajah setelah cuci muka dengan sabun pembersih sebagai step skincare malam hari. Gunakan toner wajah yang mengandung lactic acidhyaluronic acid, dan gliserin guna melembapkan kulit sepanjang malam.


5. Serum wajah dan essence


Setelah menggunakan toner, Anda bisa memakai essence dan serum wajah sebagai urutan skincare malam hari. Baik serum wajah dan essence dalam urutan pemakaian skincare sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yakni melembapkan dan menghaluskan kulit wajah. Sesudah essence meresap dengan sempurna ke dalam kulit, barulah Anda menggunakan serum wajah.


6. Krim mata atau eye cream


Urutan skincare malam yang membedakan dengan pagi hari adalah penggunaan krim mata atau eye cream. Krim mata atau eye cream adalah salah satu produk perawatan wajah paling penting dalam urutan pemakaian skincare malam hari. Terutama, bagi Anda yang memiliki masalah mata pandakantung mata, serta kerutan di area mata. Pilihlah eye cream yang mengandung konsentrat tinggi, seperti antioksidan dan peptida. Gunakan krim mata dengan cara mengoleskannya ke area kulit bawah mata secara perlahan.


7. Krim malam (night cream) dan sleeping mask


Step skincare malam hari semakin lengkap dengan penggunaan krim malam. Krim malam berfungsi untuk mengganti peran pelembap yang biasa Anda gunakan pada pagi hari. Krim malam biasanya memiliki kandungan serta fungsi yang lebih khusus, yaitu melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, atau memudarkan noda hitam di wajah. Sementara itu, sleeping mask adalah tahapan skincare malam hari yang bersifat opsional, tetapi juga tetap memberikan efek positif bagi kulit wajah Anda.

Anda bisa menggunakan sleeping mask berbentuk lembaran (sheet).

Kedua step skincare ini dapat membantu melembapkan kulit wajah Anda selama tidur semalaman. Oleskan krim malam secukupnya pada permukaan wajah hingga leher seraya memijat wajah dengan perlahan. Setelah krim malam meresap dengan benar ke dalam kulit, gunakan sleeping mask. Penggunaan sleeping mask tidak perlu dibilas sesudahnya, seperti cara memakai masker wajah pada umumnya. Biarkan kandungan pada sleeping mask meresap ke dalam kulit semalaman.


8. Face oil


Tahapan skincare malam hari semakin lengkap dengan penggunaan face oil. Manfaat face oil bisa diperoleh saat penggunaan malam hari karena untuk menghindari kulit tampak terlalu berminyak dan lengket.


Gunakan face oil sebagai tahapan skincare malam hari paling akhir.


Cara menggunakannya, cukup tuang beberapa tetes face oil ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk ke seluruh permukaan wajah secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal, jangan lagi melanjutkan step skincare yang lain setelah memakai face oil. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak dan cenderung mudah berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan face oil. Pasalnya, kulit wajah yang semakin berminyak rentan menimbulkan jerawat.


Urutan pakai skincare harus sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit


Rangkaian skincare di atas merupakan urutan skincare pagi dan malam hari yang tepat. Jadi, apakah urutan memakai skincare Anda selama ini sudah tepat atau belum? Hal penting yang perlu diketahui dalam menjalani rangkaian skincare pagi dan malam hari adalah gunakan produk dengan tekstur yang paling ringan ke yang paling berat. Misalnya, pakai produk dengan bahan dasar air terlebih dahulu, baru menggunakan produk berbahan dasar minyak.


Tahapan skincare yang digunakan harus sesuai kebutuhan kulit. Namun, perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang pasti cocok dengan urutan memakai skincare di atas. Sebab, urutan pemakaian skincare yang benar juga perlu disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah Anda. Dengan demikian, manfaat dari setiap urutan pakai skincare bisa Anda dapatkan dengan optimal. Jika masih merasa bingung dan ragu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi rangkaian skincare yang benar sesuai jenis dan kebutuhan kulit Anda.


 Penulis: Isnatul Fajar

Editor: Mega

TerPopuler

close