Cara Merawat Rambut Rontok dan Ketombe Berlebihan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Cara Merawat Rambut Rontok dan Ketombe Berlebihan

, 11/04/2021 10:20:00 PM


Ilustrasi: Google.com.

Vnn.co.id, Kesehatan - Pada dasarnya, cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok tergantung pada penyebab yang memicu munculnya kedua masalah ini. Perawatan rambut rontok dan ketombe secara rumahan dapat dilakukan jika masalah yang Anda alami belum terlalu parah. Namun, apabila sudah terlanjur parah, sebaiknya konsultasikan kondisi Anda dengan dokter untuk mendapatkan langkah penanganan yang tepat. Beberapa cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok yang bisa dilakukan, di antaranya:

 

1. Mengonsumsi makanan bernutrisi


Menjaga asupan nutrisi melalui makanan dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok yang paling mudah dilakukan. Adapun sejumlah nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, yaitu:


  • Zat besi
  • Zinc
  • Niacin
  • Selenium
  • Vitamin A, D, dan E
  • Biotin
  • Asam amino
  • Protein


Perlu dicatat, Anda sebaiknya mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut dari makanan. Hindari mengonsumsi suplemen tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Alih-alih mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok, mengonsumsi suplemen secara berlebihan justru akan memperparah kerontokan rambut.

 

2. Menggunakan sampo antiketombe

 

Apabila Anda mempunyai masalah dengan ketombe, penggunaan sampo antiketombe dapat membantu mengatasinya. Saat hendak membeli sampo antiketombe, pastikan produk pilihan Anda memiliki kandungan Selenium atau Zinc

 

3. Mengoleskan minyak esensial


Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami diyakini bisa dengan mengoleskan minyak esensial. Meski belum banyak bukti ilmiah yang tersedia, mengoleskan minyak esensial tertentu, seperti rosemary dan peppermint oil dipercaya dapat membantu memperlambat kerontokan rambut. Selain itu, cara mengatasi rambut rontok ini juga bisa membantu mendorong pertumbuhan rambut baru. Ketika hendak memakai minyak esensial, jangan lupa untuk mencampurkannya terlebih dahulu dengan minyak pelarut, seperti VCO (virgin coconut oil), minyak zaitun, ataupun minyak jojoba.

 

4. Mencoba terapi pijat kulit kepala


Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami berikutnya adalah dengan terapi pijat kepala. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam NCBI, terapi pijat kulit kepala dapat membantu mengatasi rambut rontok dengan cara meningkatkan aliran darah dan merangsang pertumbuhan sel-sel rambut. Terapi ini dapat membantu meningkatkan ketebalan rambut sehingga membuatnya jadi tidak mudah rontok.


5. Mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup

 

Paparan sinar matahari yang cukup ke kulit kepala Anda bisa menjadi cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Sebelum menerapkan cara mengatasi ketombe dan rambut rontok ini, jangan lupa menggunakan tabir surya atau sunscreen pada kulit wajah dan tubuh untuk mengurangi dampak negatif yang diberikan oleh sinar matahari. Selain itu, jangan berjemur di bawah sinar matahari terlalu lama karena paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan meningkatkan risiko penuaan dini. Sebaiknya, hindari paparan sinar matahari antara jam 10.00-16.00.

6. Menggunakan kondisioner


Menggunakan kondisioner sangat penting sebagai cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Pemakaian kondisioner sangat penting dilakukan, khususnya apabila Anda menggunakan sampo dengan kandungan Asam Salisilat. Anda bisa menggunakan conditioner setelah keramas agar kelembapan kulit terjaga. Bilas rambut sampai bersih agar tidak ada residu yang tersisa dan menjadi ketombe.Cara menggunakan conditioner tidak disarankan langsung menyentuh area kulit kepala, ya!

7. Hindari produk yang memicu iritasi


Menghindari penggunaan produk yang memicu iritasi juga menjadi cara mengatasi rambut rontok dan ketombe.Pewarna dan beberapa produk rambut lainnya seringkali memiliki kandungan bahan yang dapat menyebabkan dermatitis kontak dan membuat kulit sensitif jadi iritasi. Hal tersebut yang dapat memicu ketombe dan berpotensi menyebabkan kerontokan rambut. Bahan-bahan yang bisa memicu kondisi tersebut, antara lain zat pengawet, wewangian, pemutih, deterjen, dan formaldehida. Meski begitu, kandungan tersebut tidak memberikan efek samping pada sebagian orang lainnya.

 

8. Mengelola stres


Tahukah Anda kalau mengelola stres dengan baik bisa menjadi cara mengatasi rambut rontok dan ketombe? Stres memang tidak secara langsung menyebabkan ketombe dan rambut rontok, tetapi kondisi ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ketika sistem kekebalan tubuh menurun, risiko infeksi jamur pada kulit kepala akan semakin tinggi. Untuk mengelola stres, Anda bisa melakukan teknik-teknik relaksasi, seperti yoga dan meditasi. Selain itu, berjalan-jalan di alam terbuka juga dapat membantu mengatasi stres yang tengah Anda rasakan.

 

9. Melakukan perawatan rambut dengan benar 


Merawat rambut dengan benar menjadi cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok yang wajib dilakukan. Berikut adalah sejumlah cara merawat rambut yang bisa Anda terapkan untuk mencegah kerontokan rambut:


  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang.
  • Hindari menggunakan produk penata rambut.
  • Jangan menggaruk kulit kepala yang gatal dengan kencang.
  • Cuci rambut menggunakan sampo berbahan lembut, lalu biarkan kering dengan sendirinya.
  • Jangan biarkan kulit kepala dan rambut Anda terkena panas secara berlebihan.


10. Perawatan medis 

Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara medis bergantung pada penyebab rasa gatal dan rambut rontok yang dialami. Beberapa perawatan medis yang mungkin akan direkomendasikan oleh dokter, meliputi:


  • Transplantasi rambut.
  • Finasteride untuk mengobati kebotakan bawaan.
  • Obat imunoterapi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan respons imun.
  • Antijamur untuk melawan infeksi jamur pemicu ketombe dan rambut rontok.
  • Minoxidil untuk memperlambat kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru.
  • Steroid (diminum maupun dioleskan ke kulit kepala jika berbentuk krim) untuk mengurangi peradangan.


Nah, seperti di atas cara memelihara rambut rusak dan rontok, rajin-rajinlah mencuci rambut Anda supaya tidak rusak.


Penulis: Isnatul Fajar

Editor: Mega

TerPopuler

close