Banjir Meluas di Kalimantan, Pakar: Deforestasi Jadi Penyebabnya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Banjir Meluas di Kalimantan, Pakar: Deforestasi Jadi Penyebabnya

, 11/11/2021 08:24:00 PM

 

Banjir di Kabupaten Melawi (Foto/Regional.Kompas).

Vnn.co.id, Kalimantan - Banjir merendam sejumlah wilayah di Kalimantan Barat (Kalbar) diantaranya adalah wilayah Sintang, Sekadau, Kapuas Hulu, hingga Melawi selama kurun waktu 20 hari. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir terus merendam wilayah kalbar terhitung sejak 21 Oktober 2021 lalu.

 

Dikarenakan banjir masih akan terus meluas, Gubernur Kalbar, Sutarmidji menegaskan bahwa pihaknya akan terus memprioritaskan keselamatan warga atas musibah ini.

 

"Kita tidak mau bicara dulu bagaimana menangani banjirnya, tetapi menyelamatkan masyarakat dulu,” tegas Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Selasa (9/11/21).

 

Hingga kini, meskipun beberapa daerah di Kabupaten Melawi sudah mulai surut. Pemprov kalbar akan terus berusaha dalam menyuplai bahan pangan, obat-obatan dan tempat pengungsian untuk warga.

 

"Intinya saya bilang saya tidak mau cerita tidak ada pangan, tidak ada obat, tidak ada tempat pengungsian dan semua sudah kita siapkan," ujar Sutarmidji.

 

Menurut pakar ekologi IPB yang dikutip dari Nationalgeographic, rentetan musibah banjir yang terjadi di Kalimantan disebabkan oleh beralihnya hutan ke tanaman karet dan sawit. Hal itu termaktub dalam penelitian studi yang dipublikasikan Agustus 2020 di jurnal Ecology and Society, para peneliti menyampaikan peralihan lahan yang diabaikan otoritas Indonesia untuk perluasan perkebunan monokultur seperi sawit dan karet. Akibatnya, meningkatkan potensi banjir yang berdampak buruk bagi kehidupan.


Rep: Pranaja

 Editor: Mega

 

TerPopuler

close