Baca Buku sebelum Tidur? Ini Manfaat Hebatnya untuk Otak -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Baca Buku sebelum Tidur? Ini Manfaat Hebatnya untuk Otak

, 11/05/2021 09:23:00 PM

Membaca: suara.com.

Vnn.co.id, Gaya Hidup - Bagi sebagian orang, membaca buku bukanlah kebiasaan yang menyenangkan. Apalagi jika dilakukan pada malam hari, sebelum tidur. Namun, dibalik itu semua ternyata membaca buku pada malam hari menyimpan beragam manfaat, loh! Simak penjelasan berikut ini:


Membantu ingatan


Semua orang tahu bahwa otak bekerja lebih keras pada malam hari. Mengapa demikian? Saat Anda beristirahat dan tidur, semua energi Anda dapat difokuskan pada otak. Maka Anda akan mengingat jauh lebih baik. Plus, orang juga cenderung lebih konsentrasi pada malam hari. Jadi, memanfaatkan membaca dan belajar sesuatu yang bermanfaat sebelum tidur, akan sangat menguntungkan Anda.


Melatih otak


Manfaat lain dari membaca pada malam hari adalah membantu memberi otak Anda sedikit olahraga. Sama seperti Anda dapat melakukan aktivitas fisik untuk memiliki tubuh yang lebih sehat dan fleksibel, Anda juga dapat melatih otak Anda untuk memiliki memori yang lebih baik dan waktu mengingat lebih cepat.


Ketika Anda membaca sebelum tidur, itu sama saja memberi pekerjaan untuk otak Anda. Berkonsentrasi pada apa yang Anda baca, akan melatih otak Anda saat tidur dan saat otak sedang bekerja. Ini membantu Anda dapat merespon lebih cepat. Latihan untuk otak Anda juga akan meningkatkan kecerdasan Anda. Ingat bahwa otak Anda harus banyak berpikir saat membaca, meningkatkan imajinasi Anda. Hal ini dapat membantu Anda menjadi lebih kreatif.


Mencegah penyakit


Membaca pada malam hari dapat membantu Anda mencegah penyakit tertentu. Ketika membaca menjadi kebiasaan, aktivitas ini bisa sangat membantu apabila Anda berisiko menderita alzheimer, misalnya. Dengan melatih otak dan meningkatkan ingatan, Anda lebih terlindung dari kemungkinan penyakit ini.


Mengurangi Stres


Lelah disibukkan dengan aktivitas sehari-hari dengan beban pekerjaan yang banyak, membuatmu merasa stres. Bahkan ketika hendak tidur, mungkin masih terpikirkan dengan masalah yang akan mengganggu tidur malam. Untuk mengurangi rasa stres tersebut dapat dilakukan dengan membaca buku sebelum tidur. Hal ini dapat mengalihkan pikiranmu tentang pekerjaan yang membuat stres.


Mencegah Pikun


Membaca tidak hanya dilakukan oleh kawula muda, sebagian besar orang yang memasuki usia senja pun masih melakukan kegiatan membaca. Membaca buku dapat mencegah pikun. Dikarenakan otak akan lebih aktif untuk mengingat. Mulai sekarang latih diri untuk membaca. Tidak dengan buku bahasan berat, tetapi semua dapat dibaca mulai dari majalah, koran, atau novel.


Kegiatan yang cukup menarik, selain mendapatkan ilmu juga memberikan kesehatan untuk tubuh terutama otak. Jadi, jangan bermalas-malasan untuk membaca, daripada melakukan kegiatan yang tidak mermanfaat, terlebih dilakukan di malam hari sebelum tidur. Tetap perhatikan saat membaca, jangan lakukan dengan tidur, karena membaca sambil tidur dapat membuat sakit mata.


Penulis: Qorina Lois Fadilla 

Editor: Mega

TerPopuler

close