4 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

4 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

, 11/10/2021 08:51:00 PM

 

halodoc.com

Vnn.co.id, Lingkungan - Bunga telang atau yang bernama Latin Clitoria ternatea adalah tanaman yang terkenal karena bunganya yang berwarna biru cerah dan dapat dimakan. Selain dari banyak kegunaan kulinernya, bunga telang juga telah digunakan dalam Ayurveda serta pengobatan tradisional Asia dan Timur Tengah selama berabad-abad. Melansir dari mybluetea.co.au, manfaat kesehatan bunga telang antara lain adalah meningkatkan daya ingat, meningkatkan suasana hati yang seimbang serta sistem kekebalan yang sehat. Manfaat kesehatan ini juga semakin didukung oleh bukti-bukti sains modern.

Bunga telang dikenal juga untuk meningkatkan vitalitas dan proses penuaan yang sehat. Bunga ini penuh dengan antioksidan, termasuk pro antosianidin (yang mendukung kolagen dan elastisitas kulit) dan antosianin (mendukung kesehatan rambut dan mata). Kedua bahan ini membantu meningkatkan siklus hidup sehat sel Sobat VNN.co.id secara keseluruhan. Selain manfaat-manfaat positif tersebut, bunga telang tentu juga memiliki efek samping atau bahaya yang patut diwaspadai. Berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat dan bahaya bunga talang yang telah kami rangkum khusus untuk Sobat VNN.co.id.

Bunga telang yang diseduh biasa disebut dengan Blue Tea, adalah ramuan herbal bebas kafein, dibuat dengan merebus bunga kering atau segar dari tanaman Clitoria ternatea. Hal terbaik dari minuman ini adalah kandungannya yang benar-benar bebas kafeinb dan dikemas dengan antioksidan. Seperti apa pun pada umumnya, segala sesuatu yang baik pasti tetap memiliki efek samping atau dampak yang tidak baik. Sama halnya dengan bunga telang, yang belakangan sedang populer dikonsumsi oleh masyarakat luas. Bunga telang memang membawa banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir dari teahow.com, manfaat bunga telang di antaranya adalah:

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat bunga telang yang pertama adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Meningkatnya kesadaran tentang risiko kesehatan yang terkait dengan obesitas, semakin banyak orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan dan tetap bugar. Minum teh untuk menurunkan berat badan telah menjadi tren, dan sepertinya teh biru atau teh bunga telang adalah penemuan terbaru. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, teh bunga telang dapat membantu menurunkan berat badan dengan mencegah dan melawan penyakit hati berlemak. Penyakit hati berlemak bertanggung jawab untuk menyebabkan penambahan berat badan, terutama di daerah perut. Teh bunga telang mampu membantu membakar lemak perut dengan melindungi dari penyakit hati berlemak.

Senyawa utama dalam teh bunga telang adalah katekin EGCG, epigallocatechin gallate, yang mempercepat proses pembakaran kalori dengan meningkatkan metabolisme. Studi telah menemukan bahwa bunga telang mengandung tingkat senyawa EGCG yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh lainnya, menjadikannya minuman penurun berat badan yang manjur. Antioksidan yang ditemukan dalam teh biru juga menunjukkan sifat anti-inflamasi dan diuretik yang membantunya mendetoksifikasi tubuh dan membantu melepaskan berat air yang terkumpul karena retensi air. Nikmati secangkir minuman berwarna cantik ini setelah makan untuk mendetoksifikasi dan meningkatkan metabolisme Sobat VNN.co.id. 

2. Paracetamol Alami

Manfaat bunga telang yang kedua adalah sebagai parasetamol alami. Jika Anda demam dan tidak memiliki obat-obatan apa pun di samping Anda selain bunga telang, maka Anda tak perlu khawatir karena bunga telang diketahui sebagai Paracetamol alami. Bunga ini memiliki sifat dan efek meniru yang mirip dengan Paracetamol, pereda nyeri, dan peredam demam. Menurut sebuah penelitian, ekstrak teh bunga telang ketika diberikan dalam dosis mulai dari 200-400 miligram, terbukti secara signifikan mampu menurunkan suhu tubuh hingga lima jam setelah menelan ekstrak tersebut. Teh bunga telang membantu menurunkan demam dengan menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit membesar; hal ini mendinginkan darah dengan meningkatkan aliran darah dan menurunkan suhu.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat bunga telang yang ketiga adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Seduhan bunga telang secara tradisional biasanya digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit mata. Minuman ini cukup populer di Indonesia karena alasan yang satu ini. Tanaman ini dikemas dengan antioksidan yang mampu membantu meningkatkan kesehatan. Salah satu antioksidan tersebut adalah proanthocyanidin, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Hal ini membuat teh bunga telang efektif untuk mengobati kerusakan retinal, glaukoma, atau penglihatan yang kabur.

4. Melawan Penyakit Diabetes

Manfaat bunga telang yang keempat adalah sebagai bahan yang efektif untuk membantu melawan penyakit diabetes. Diabetes telah secara langsung bertanggung jawab atas banyak sekali kematian di seluruh dunia. Penelitian mengungkapkan bahwa bunga telang yang dapat mengubah warna sebenarnya efektif untuk penderita diabetes dalam menjaga kadar gula mereka dan menyembuhkan diabetes tipe II. Minum secangkir teh bunga telang di antara waktu makan telah terbukti mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar glukosa darah. Minuman ini menghambat penyerapan glukosa berlebih dari makanan dan karenanya, membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus diabetes, yang diterbitkan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, ekstrak bunga telang ditemukan sangat mampu mengurangi kadar glukosa serum dan meningkatkan berat badan. Studi tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak bunga telang menunjukkan sifat anti-diabetes yang mirip dengan glibenklamid, obat anti-diabetes.

Penulis: Qorina Lois Fadilla

Editor: Mega

TerPopuler

close