Vaksin AstraZeneca Minim Peminat, Ternyata Ini Penyebabnya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Vaksin AstraZeneca Minim Peminat, Ternyata Ini Penyebabnya

, 8/18/2021 02:14:00 PM

                       

Vaksinasi gratis pada hari Rabu (08/18/2021) di Sekolah Pancaran Bakat, Jelambar Utara, Jakarta/Reivandy/vnn.co.id. 



Vnn.co.id, Jakarta - Vaksinasi gratis yang menggunakan AstraZeneca yang dilakukan dari pukul 8.00 sampai pukul 2.00 WIB terlihat minim peminat. Jumlah yang mengikuti vaksin tersebut sekitar 120-140, yang di mana saya juga mengikuti vaksin tersebut di dalam urutan sekitar 135. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk saya dipanggil ke dalam untuk melakukan vaksinasi. Saya pun heran apa yang membuat vaksinasi ini sedikit peminatnya?


Minimnya peminat pada hari ini yang membuat saya penasaran, mengapa AstraZeneca (AZ) bisa sedikit peminatnya, apa yang membuat AstraZeneca seperti bukan jadi salah satu opsi untuk digunakan sebagai immune orang-orang, dan apakah efek samping dari AZ tersebut?


Berikut informasi yang saya dapat dari pengalaman maupun orang-orang sekitar yang menggunakan vaksin ini:


Rasa nyeri pada area yang diinjeksi

 

Rasa nyeri tersebut bisa dirasakan pada area injeksi, hal itu pun terjadi pada saya. Terasa pegal-pegal, ngilu, dan berat untuk diangkat ke atas. Saat saya mencoba tiduran menghadap ke kiri, lengan saya yang diinjeksi tersebut merasakan rasa pegal-pegal yang membuat sedikit tak nyaman. Namun hal itu wajar karena rasa tersebut tidak hanya dirasakan oleh AZ saja, tetapi dirasakan juga oleh orang yang diinjeksi dengan Sinovac, itu merupakan efek samping dari vaksin tersebut.

 

Mialgia dan Malaise

 

Arti dari Mialgia dan Malaise disini adalah nyeri otot yang membuat kita merasa tidak enak atau tidak nyaman ini membuat AZ juga ditakuti, karena saya memang tidak nyaman terutama itu pun dirasakan tidak hanya di tangan ataupun di bagian kaki.


Menurut Kristianto Purnomo pada artikelnya mengatakan, Menurut profesor pediatri dan ahli penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford Dr. Bonnie Maldonado, beberapa orang melaporkan mereka merasakan nyeri otot di seluruh tubuh seperti baru saja melakukan latihan interval intensitas tinggi (HIIT).”


Namun, hal itu dapat diminimalisir dengan banyak meminum air putih dan beristirahat yang cukup. Selain itu, mandi denganair hangat dapat membuat otot rileks, terutama di pagi hari.

 

3.     Demam

 

Efek ni yang paling ditakuti dari AZ itu sendiri, banyak yang meyakini bahwa pengguna vaksin AZ akan mudah terkena demam. Namun efek samping tersebut sebenarnya dialami juga oleh pengguna vaksin Sinovac, di mana menurut Dokter Spesialis penyakit dalam Ari Fahrial Syam pada artikel yang diliput oleh CNN bahwa efek samping dari vaksinasi Az sama saja seperti vaksin Covid-19 yang lain. Demam, nyeri di tempat lokasi suntikan, dan mual.


"Namanya memasukkan zat asing ke  tubuh pasti ada aksi dan reaksi," ujar Ari Fahrial.


Jadi, bisa dilihat bahwa sebenarnya yang membuat AZ sedikit peminatnya adalah bahwa orang-orang takut dengan adanya efek samping ini, padahal bisa dilihat bahwa efek samping tersebut pun tidak hanya dialami oleh pengguna AZ, tetapi juga dirasakan oleh pengguna Sinovac, dan bisa dicegah dengan meminum obat, meminum air putih, dan beristirahat yang cukup agar tubuh kita bisa menerima vaksin dengan baik.

Rep: Reivandy
Editor: Mega

TerPopuler

close