Menkes RI Kejar Target 100 Juta Vaksinasi hingga Akhir Agustus -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Menkes RI Kejar Target 100 Juta Vaksinasi hingga Akhir Agustus

, 8/17/2021 12:42:00 PM

 

(Menkes Budi Gunadi Sadikin. Source: nasional.kompas.com)


 

Vnn.co.id, Jakarta – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menargetkan vaksinasi di Indonesia dapat mencapai angka 100 juta jiwa sampai akhir Agustus 2021. Ia percaya target tersebut tidak mustahil untuk diraih, mengingat stok vaksin di Indonesia masih sangat banyak.

 

"Saya dikasih target dari Pak Menko dan Pak Presiden jangan 27 minggu, berikutnya bisa enggak 7 minggu mencapai 50 juta berikutnya. Sehingga, kita sedang bekerja keras supaya kita bisa mencapai 100 juta di akhir bulan ini," ujar Menkes Budi dalam konferensi pers daring Sekretariat Presiden, Senin (16 Agustus 2021).

 

(Menkes RI: Budi Gunadi Sadikin, memberikan penjabaran saat konferensi pers daring (16/08/2021): Youtube Sekretariat Presiden)


“Indonesia menempati nomor sembilan dunia, mungkin sekarang naik menjadi nomor delapan dunia dari jumlah vaksin yang disuntikkan,” ujar Menkes Budi.

 

Ia mengatakan, hal ini menjawab dan membantah beberapa kritikan dari majalah terkenal yang bilang bahwa kalau laju vaksinasi lambat seperti ini, maka Indonesia baru selesai vaksinasi 10 tahun lagi. “Kita tidak sebodoh itu, dan semuanya bisa dipercepat,” ujarnya.

 

Menkes Budi Gunadi juga meyakinkan bahwa kita bisa mencapai target tersebut mengingat Indonesia pernah mencapai angka vaksinasi tertinggi dalam sehari dengan 1,6 juta dosis vaksin yang disuntikkan.

 

Berdasarkan dari data harian Kemenkes RI, terhitung hingga Senin kemarin, vaksinasi Covid 19 dosis pertama di Indonesia sudah mencapai 54.382.680 jiwa, sedangkan vaksinasi dosis kedua atau yang sudah di vaksinasi lengkap berjumlah 28.524.986 jiwa. Jadi, jumlah keseluruhan vaksinasi di Indonesia mencapai 82.907.666 juta jiwa.

 

Perlu diketahui, untuk mencapai Herd Immunity, menurut WHO setidaknya diperlukan 80 persen dari total populasi yang sudah di vaksinasi. Pemerintah menargetkan setidaknya 208 juta jiwa yang sudah di vaksinasi, yang  terdiri dari berbagai macam lapisan masyarakat agar mencapai kekebalan tersebut.

 

Rep: Pranaja

Editor: Mega

TerPopuler

close