Atraksi Spektakuler, Kado Istimewa dari TNI-AU untuk HUT RI Kemerdekaan yang ke-76 -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Atraksi Spektakuler, Kado Istimewa dari TNI-AU untuk HUT RI Kemerdekaan yang ke-76

, 8/18/2021 10:49:00 AM



Atraksi Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa oleh TNI-AU, Jakarta pada Selasa (17 Agustus 2021): indobalinews.



Vnn.co.id, Jakarta - Masyrakat kota DKI Jakarta menikmati pertunjukan aktraksi pesawat tempur dan helikopter TNI-AU untuk memperingati HUT Republik Indonesia yang ke-76. Formasi angkatan tempur ini dengan lihai mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih terbang lintas (flypast) di langit Istana Merdeka saat Upacara Kemerdekaan HUT RI pada Selasa (17/08/2021).  


TNI AU kerahkan 8 pesawat tempur F-16 dan 6 Helikopter untuk acara HUT RI ke-76 di Istana kemerdekaan Indonesia. Pelaksanaan latihan (geladi bersih) sudah dilangsungkan dari hari Jumat (13/08/2021) serta Kadispenau Marsma TNI-AU Indan Gilang Buldansyah menyatakan kesiapan anggotanya untuk acara flypast ini.  Dikabarkan delapan pesawat tempur f-16 melaksanakan flypast-nya dan keenam helikopter melaksanakan Penerbangan Giant Flight Merah Putih Underslug. 


Seperti yang dikabarkan oleh BETERINDO, bahwa call sign Nusantara Flight dipimpin oleh Letkol Penerbang Akhmad M. Mulyono. Selain itu, Garuda Flight juga ikut andil dalam acara atraksi ini yang call sign-nya dipimpin oleh Letkol Penerbangan Agus Dwi Aryanto, merupakan komandan di Skardon Udara 3 Lanud TNI-AU Iswahjudi. Adanya atraksi pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa ini bertujuan sebagai sebuah kado istimewa dari TNI-AU untuk Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang Ke-76. 


Tak hanya itu, dari ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut Letkol Agus Dwi Aryanto mewakili TNI-AU mengucapkan Selamat Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 pada tahun 2021 ini. Harapan yang diberikan dari TNI-AU ialah semoga Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, dan yang terakhir Salam Swa Buana Paksa (Sayap Tanah Airku). 


Acara Upacara berlangsung dengan khidmat dan tenteram, dikarenakan selama acara berlangsung TNI-Porli (petugas gabungan) berperan aktif menjaga ketertiban Upacara Kemerdekaan HUT RI ini di Istana Kemerdekaan Indonesia. Pejalan kaki yang memasuki Jalan Merdeka Barat maupun Jalan Merdeka Timur tidak diperbolehkan masuk di Kawasan Istana Kemerdekaan. Begitu pun dengan kendaraan roda empat maupun roda dua, tidak diperbolehkan melintasi kawasan istana selama acara upacara berlangsung. Ada empat jalan protokol yang ditutup selama acara Upacara Kemerdekaan Indonesia berlangsung, yakni Jalan Merdeka Barat, Merdeka Utara, Majapahit, dan Jalan Veteran III.


Akan tetapi, masyarakat masih dapat melihat atraksi ini dengan jelas dari atas rumah mereka masing-masing. Ada banyak masyarakat yang meng-upload atraksi yang dilihat mereka dari atas rumah mereka pada sosial media dan menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi mereka di kala pandemi Covid-19 saat ini.


Seperti juga yang dikabarkan oleh Antaranews.com bahwa salah satu masyarakat asal petojo, Jakarta Pusat yaitu Hasyim dapat melihat atraksi ini saat kebetulan lewat lari pagi depan Istana Merdeka.


Winda, salah satu masyarakat Jakarta lainnya juga menceritakan bahwa ia dapat melihat atraksi Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa TNI-AU saat Winda dan suaminya tak sengaja melintasi Jalan Abdul Muis Jakarta, di sana juga banyak masyarakat pengendara roda dua lainnya yang sengaja berhenti untuk melihat pertunjukan atraksi ini.


Rep: Nisrina Fitriyah

Editor: Mega




TerPopuler

close