4 Cara Atasi Sindrom FoMO | Versi Nasional News -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

4 Cara Atasi Sindrom FoMO | Versi Nasional News

, 7/19/2021 12:42:00 PM

 

Ilustrasi: Google.

Vnn.co.id, Gaya Hidup – Gangguan FoMO diakibatkan oleh penggunaan media sosial yang berlebihan. Seperti diketahui, FoMO merupakan perasaan atau perseprsi seseorang bahwa orang lain lebih bersenang-senang, menjalani kehidupan lebih baik, atau memiliki pengalaman yang lebih baik dibandingkan dirinya.

Dilansir dari klikdokter, hal semacam itu dapat berakibat buruk pada diri dan kehidupan seseorang, seperti meningkatkan rasa tidak bahagia dan merasa tidak puas dalam kehidupannya.

Baca juga: Jangan-Jangan Anda Alami FoMO, Merasa Kehilangan Sesuatu ketika Tak Terhubung dengan Medsos

Lantas,  bagaimana mengatasi gangguan FoMO?

Pertama, Fokus pada Diri Sendiri. Mencoba fokus pada diri sendiri kelihatannya memang tidaklah muda. Namun coba pikirkan, daripada menghabiskan waktu untuk memikirkan orang lain dan kekurangan diri, ada baiknya melihat kelebihan yang dimiliki dengan memaksimalkan pemanfaatannya.

Selain itu, Anda dapat mengikuti akun orang-orang yang memberikan dampak positif pada kehidupan dan berhenti dari mengikuti orang-orang yang cenderung menyombongkan diri dan dapat memberikan dampak buruk pada diri Anda.

Kedua, Membuat Jurnal Pribadi. Orang kerap menggunakan media sosial sebagai jurnal elektronik untuk menyimpan pengalaman dan kesehariannya.

Namun, hal tersebut justru membuat Anda berharap tanggapan dan penilaian orang lain terhadap pengalaman Anda yang akhirnya menjadi ketergantungan pada komentar tersebut.

Nah, hal itu dapat diatasi dengan membuat jurnal pribadi yang dengannya Anda tak memerlukan pengakuan dari publik sehingga membantu terlepas dari FoMO.

Ketiga, Membangun Relasi di Kehidupan Nyata. Kesepian yang dialami seseorang seringkali membuatnya menjadikan media sosial sebagai pelarian dengan mencari relasi di sana.

Sayangnya, relasi yang didapat belum tentu berdampak baik bagi Anda. Sehingga sangat dianjurkan untuk membangun hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda.

Keempat, Perbanyak Syukur. Sadarlah! Terkadang apa yang terlihat belum tentu sesuai dengan kenyataannya. Apa yang diperllihatkan orang lain di media sosial seringkali tak sejalan apa yang dicerna oleh penglihatan kita.

Oleh karenanya, melibatkan diri dengan aktivitas yang meningkatkan rasa syukur dapat memompa semangat pada diri Anda dan orang-orang sekitar.

Meski terkesan susah, mencoba men-syukuri apa-apa yang dimiliki lebih bermakna daripada sibuk memikirkan kekurangan dan membandingkan diri dengan orang lain.

Jadi, gunakanlah media sosial sekadarnya saja, ya. Manfaatkan dengan sebijaknya!

Red: Mega

TerPopuler

close