Untuk Meningkatkan Daya Beli Masyarakat, Desa Setialaksana Laksanakan Kegiatan PKT -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Untuk Meningkatkan Daya Beli Masyarakat, Desa Setialaksana Laksanakan Kegiatan PKT

, 5/23/2021 11:37:00 PM

Kegiatan PKT Desa Setialaksana Kecamatan Cabangbungin (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) merupakan salah satu program prioritas penggunaan Dana Desa di tahun 2021. Hal itupun langsung dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Setialaksana, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Minggu (23/5/2021).

PKTD yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Setialaksana bersumber dari Anggaran Dana Desa (DDS) atau APBN tahun Anggaran 2021. Adapun pelaksanaan Padat Karya Tunai (PKT) Desa Setialaksana dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu wilayah Dusun I, Dusun III dan Dusun III

Kegiatan tersebut dimulai dengan membersihkan rumput sepanjang jalan di wilayah Desa Setialaksana, membersihkan selokan dan membersihkan kali garon yang tersumbat akibat banjir beberapa waktu lalu.

Masyarakat Desa Setialaksana sangat antusias dengan adanya PKTD ini. Selain mendapatkan upah langsung, masyarakat juga dapat mewujudkan lingkungan yang bersih, asri dan sehat. 

Dalam kegiatan tersebut, terlihat hadir Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Setialaksana, pendamping lokal Desa, Kepala Desa Setialaksana dan jajarannya yang turun langsung bersama-sama masyarakat dalam Kegiatan PKTD.



Kepala Desa Setialaksana, Rohmat Hidayatullah mengatakan kepada wartawan vnn.co.id, kegiatan tersebut dalam rangka melaksanakan amanah Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021. Salah satunya yaitu pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang diikuti oleh masyarakat yang kriterianya sudah ditentukan oleh Permendes.

"Pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Setialaksana, diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Setialaksana untuk memberikan tambahan upah atau pendapatan dalam rangka meningkatkan daya beli masyarakat di masa pandemi Covid-19 dan juga mengurangi kemiskinan, dan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Setialaksana akibat dampak pandemi beberapa tahun ini," ujarnya.

Akibat pandemi Covid-19, kata Rohmat, hal itu sangat dirasakan berdampak langsung terhadap masyarakat Desa dengan hilangnya mata pencaharian/pekerjaan dan berkurangnya pendapatan, khususnya bagi masyarakat yang berada di Desa Setialaksana. 

"Padat Karya Tunai (Cash For Work) menjadi solusi tepat dan merupakan kegiatan pemberdayaan bagi masyarakat yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumberdaya, tenaga kerja, dan teknologi lokal," ucapnya.

Program PKTD ini, di prioritaskan bagi masyarakat pengangguran, setengah pengangguran, anggota keluarga miskin, serta anggota keluarga marginal lainnya. Diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Setialaksana.



Rep : Ahim
Red : Ramdhan

TerPopuler

close