Penyekatan di Perbatasan Ponorogo-Wonogiri, Ini Alasan Sejumlah Kendaraan Selain Plat AE Diputarbalikkan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Penyekatan di Perbatasan Ponorogo-Wonogiri, Ini Alasan Sejumlah Kendaraan Selain Plat AE Diputarbalikkan

, 5/05/2021 03:21:00 PM

 

Penyekatan yang dilakukan di perbatasan Ponorogo-Wonogiri (Beritatrend.com).

Vnn.co.id, Ponorogo – Puluhan kendaraan diketahui bukan plat AE yang melintas di perbatasan Ponorogo-Wonogiri, tepatnya pintu masuk Desa Biting, Kecamatan Badegan, terpaksa diputarbalikkan Satlantas Polres Ponorogo.

Disampaikan oleh Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Indra Budi Wibowo bahwa pemutarbalikan itu sebab pengemudinya tidak dapat menunjukkan surat kesehatan. “Seperti hasil tes PCR, swab antigen atau pun Tes GeNose. Sehingga kami suruh putar balik,” tutur AKP Indra, Rabu (5/5/21).

Hal tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan Permenhub Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, yakni pencegahan mudik mulai tanggal 22 April hingga 24 Mei 2021.

AKP Indra mengatakan, dalam operasi pencegahan mudik itu dibagi menjadi 3 tahap. “Tahap pertama, pada tanggal 22 April hingga 5 Mei dilakukan pengetatan seperti yang dilakukan sekarang ini,” terangnya.

Dalam tahap ini, kendaraan yang berplat non-AE boleh masuk Ponorogo dengan syarat bisa menunjukkan surat kesehatan, antara lain hasil tes PCR, rapid antigen dan tes GeNose. Kemudian tahap kedua mulai dari tanggal 6-17 Mei 2021. Tahap ini juga bertepatan dengan operasi Ketupat Semeru 2021. Pada tahap ini dilakukan full pengetatan, jadi kendaraan plat non-AE tidak boleh masuk maupun keluar dari Ponorogo.

Adapun pengecualian kendaraan, seperti kendaraan dinas yang memiliki surat tugas dari atasan secara langsung, kendaraan logistik, kendaraan masyarakat dalam kondisi emergency; seperti meninggal atau melahirkan dengan surat keterangan dari desa/kelurahan.

Untuk tahap ketiga, lanjutnya, hampir sama dengan tahap yang pertama. Pengetatan berlangsung tanggal 18-24 Mei 2021.

Red: Mega

TerPopuler

close