Dari Gombong menuju Soreang, Kisah Satu Keluarga Mudik Berjalan Kaki -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Dari Gombong menuju Soreang, Kisah Satu Keluarga Mudik Berjalan Kaki

, 5/07/2021 10:18:00 PM

 

Satu keluarga yang mudik jalan kaki.

Vnn.co.id, Ciamis – Kisah mudik dengan berjalan kaki datang dari satu keluarga asal Gombong, Jawa Tengah. Dengan membawa 2 anak, Manta (3) dan Hanum (1,5), Dani (39) serta istrinya Masithoh Ainun Lubis (36) nekat berjalan ke Soreang, Kabupaten Bandung.

Saat ditemui, keluarga itu sampai di Ciamis di hari keenam, Jumat (7/5/21). Dani mengatakan, berangkat dari Gombong pada Ahad sore dengan bekal tas ransel hitam dan uang tunai Rp 120 ribu.

Ia mengaku, nekat membawa serta istri dan anaknya sebab sudah tidak memiliki pekerjaan. Sebelumnya, Dani bekerja di perusahaan konveksi, akan tetapi sudah berhenti.

“Di sana sudah tidak ada lagi kerjaan, tidak punya apa-apa. Jadi memutuskan untuk pulang ke Soreang. Tidak akan ke sana lagi. Mau menetap di Soreang,” tutur Dani.

Dani juga mengaku terpaksa jalan kaki sebab tak mempunyai ongkos untuk naik kendaraan umum. Apalagi saat ini angkutan itu tidak beroperasi karena larangan mudik. Ia menjelaskan, sehari bisa mencapai 25-30 kilometer. Berhenti pada malam hari untuk beristirahat di SPBU atau masjid-masjid di sepanjang perjalanan dan akan melanjutkan perjalanan setelah subuh.

Meskipun begitu, ia bersyukur sebab perjalanannya lancar dan banyak menemui orang baik yang memberinya bekal maupun makanan.

Alhamdulillah, selama perjalanan berjalan lancar, tidak ada hambatan. Banyak juga orang-orang baik yang memberi bekal dan makanan saat di jalan,” paparnya.

Dani lalu mengatakan bahwa dirinya tidak meminta bantuan ke pemerintah sebab trauma dengan pengalaman tahun sebelumnya saat berjalan kaki dicurigai sebagai modus.

“Saya takut dibilang modus, jadi natural saja berjalan kaki sampai ke Soreang,” ungkapnya.

Pria itu pun memperkirakan akan sampai ke Soreang Bandung pada hari kedua Lebaran jika tidak ada kendala.

Red: Mega

TerPopuler

close