Besok Masih Ramadan, BMKG Luruskan Pandangan Tetapkan 1 Syawal -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Besok Masih Ramadan, BMKG Luruskan Pandangan Tetapkan 1 Syawal

, 5/11/2021 03:15:00 PM

 

Ilustrasi rukyatul hilal (Suaramuslim.net).

Vnn.co.id, Jakarta – BMKG menegaskan bahwa hilal tidak akan terlihat sore ini. Sebagaimana dituturkan oleh Kepala Pusat (Kapus) Seismogologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono, ia menjelaskan alasan pengamatan hilal dilakukan hari ini.

Jadi kan hari ini sebetulnya kenapa dilaksanakan pengamatan hilal hari ini, karena pengamatan hilal itu setiap tanggal 29 bulan komariah. Jatuhnya itu tanggal 29 Ramadhan, ya hari ini, makanya dilaksanakan pengamatan hilal hari ini sekaligus sidang isbat hari ini,” tutur Rahmat, Selasa (11/5/21).

Berdasarkan data hisab atau secara astronomi, menurut Rahmat posisi hilal di seluruh Indonesia akan negatif sore hari nanti. Elongasi atau jima (sudut antara dua benda langit terhadap satu titik acuan tetentu) baru akan terjadi dini hari nanti.

“Hari ini, sore ini, bulan itu tenggelam duluan dari ufuk barat, (lalu) bulan masuk, baru matahari masuk. Jadi sudah jelas dalam posisi seperti ini, hari ini tidak akan nampak hilal, secara astronomi tidak akan nampak hilal,” jelas Rahmat.

“Karena tidak nampak hilal, tentunya besoknya itu masih bulan yang sama, artinya Bulan Ramadan. Artinya, kalau hari ini tidak nampak hilal, tanggal 12 itu masih Bulan Ramadan,” lanjutnya.

Dia lalu mengatakan bahwa hilal akan terlihat besok pada Rabu (12/5).

“Nah, unuk besoknya, besok sore itu tinggi hilalnya sudah positif. Berdasarkan data hisab kami, besoknya itu sudah positif. Kan pengamat hilalnya sore atau menjelang magrib besok. Kalau besok sudah positif, artinya besok itu sudah nampak,” katanya.

Rahmat juga meluruskan pandangan mengenai ‘jika hari ini nampak hilal, maka besoknya merupakan 1 Syawal’ dengan menjelaskan bahwa pergantian Bulan Hijriah itu terjadi saat matahari tenggelam.

“Ini banyak sekali, mungkin menangkapnya bahwa tanggal 11 nampak hilal, maka tanggal 12 itu sudah 1 Syawal.mpadahal bukan begitu. Ya, kalau pengamatan hilal, kan di mana matahari tenggelam, enggak mungkin siang hari, karena siang hari jelas enggak akan nampak hilal,” jelasnya.

“Artinya, begitu matahari tenggelam itu sudah batasnya. Artinya, setelah matahari tenggelam itu, isya’nya sudah 1 Syawal,” tandasnya.

Red: Mega

TerPopuler

close