Selain THR, Bansos Dikabarkan akan Cair sebelum Lebaran Lho! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Selain THR, Bansos Dikabarkan akan Cair sebelum Lebaran Lho!

, 4/24/2021 01:54:00 PM

 

Ilustrasi bansos (Foto: Suara).

Vnn.co.id, Jakarta – Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah mengatakan bahwa Tunjangan Hari Raya (THR) akan cair H-10 Lebaran atau paling lambat H-5.

Bersamaan dengan itu, penyaluran beberapa bantuan sosial (bansos) juga akan dipercepat sebelum Lebaran.

Sebagaimana dikatakan oleh Menteri Keuangan Suahasil Nazara, di antara bansos yang akan dipercepat pencairannya yakni Program Keluarga Harapan (PKH).  Kisaran nilainya untuk ibu hamil sebesar Rp 3 juta, anak usia dini senilai Rp 3 juta, penyandang disabilitas berat Rp 2,4 juta, dan lansia 70 tahun ke atas sebesar Rp 2,4 juta.

Selain itu, bansos PKH juga diterimakan kepada anak sekolah, di antaranya SD/MI/Sederajat mendapatkan Rp 900 ribu, SMP/MTs/Sederajat Rp 1,5 juta, dan SMA/MA/Sederajat Rp 2 juta, yang mana kesemua data dapat dilihat di dtks.kemensos.go.id.

Bansos selanjutnya yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT), yang bakal diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah masuk dalam data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin (DT-PFM) Kemensos, sebesar Rp 200.000/bulan.

Bantuan lainnya, yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp 300.000/bulan.

Suahasil juga mengatakan bahwa pemerintah akan mengampanyekan saling mengirim bingkisan saat hari belanja online nasional (Harbolnas) menjelang Lebaran. Sehingga, meskipun tidak mudik masyarakat dapat saling berbagi satu sama lain.

Red: Mega

TerPopuler

close