Presiden Joko Widodo Resmikan Indonesia International Motor Show Hybrid Tahun 2021 -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Presiden Joko Widodo Resmikan Indonesia International Motor Show Hybrid Tahun 2021

, 4/15/2021 02:46:00 PM
Presiden Joko Widodo saat resmikan pembukaan IIMS Hybrid Tahun 2021, Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/4/21).


Vnn.co.id, Jakarta -
Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid Tahun 2021. Pembukaan ajang pameran otomotif yang kali ini digelar secara kombinasi luring terbatas dan daring tersebut dilakukan dari Istana Negara, Jakarta, Kamis, (15/04/2021).

Presiden Joko Widodo ingin hadir secara langsung di lokasi Indonesia International Motor Show 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, hari ini.

Presiden Joko Widodo ingin industri otomotif Indonesia segera bangkit setelah diterpa pandemi Covid-19. Ingin bidang otomotif mempekerjakan lebih banyak lagi tenaga kerja, ikut menggerakkan industri UMKM, dan segera menaikkan ekspor kita ke pasar global.

Namun, suasana  masih di dalam masa pandemi. Maka, Presiden Joko Widodo membuka IIMS 2021 yang berlangsung selama 15-21 April 2021 ini secara virtual dari Istana Negara. Presiden Joko Widodo berharap penyelenggaraan pameran otomotif ini dapat meningkatkan reputasi Indonesia di dunia otomotif global.

Industri otomotif adalah salah satu penggerak perekonomian kita yang harus segera kita akselerasi. Di industri ini begitu banyak keterlibatan pelaku usaha dalam negeri dari hulu sampai hilir. Keterlibatan UKM dalam rantai pasok industri otomotif harus terus ditingkatkan, nilai tambah untuk ekonomi dalam negeri harus jadi prioritas. Dan yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan bahwa industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian negara yang saat ini harus segera diakselerasi. Sebab, di sektor ini banyak pelaku usaha dalam negeri dari mulai hulu hingga hilir yang keterlibatannya dapat ditingkatkan.

“Industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian kita yang harus segera kita akselerasi karena di sini banyak keterlibatan pelaku usaha di dalam negeri dari mulai hulu sampai hilir yang harus ditingkatkan. Keterlibatan industri UMKM dalam rantai pasok juga harus terus ditingkatkan. Nilai tambah untuk ekonomi dalam negeri juga harus menjadi prioritas,” ujar Presiden Joko Widodo.

Selain itu, melalui kebangkitan sektor ini, Kepala Negara juga berharap agar lebih banyak lagi kesempatan kerja yang dapat diberikan bagi para tenaga kerja lokal, menggerakkan industri UMKM, juga menaikkan angka ekspor Indonesia ke pasar global.

“Kebijakan relaksasi pajak juga telah diterbitkan pemerintah untuk mendongkrak penjualan dan daya beli produk otomotif untuk mendorong makin banyak permintaan di situ yang bisa menggerakkan industri otomotif kita,” kata Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan laporan yang diterima dari Menteri Perindustrian, melalui kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) tersebut, terjadi peningkatan pesanan pembelian hingga mencapai 190 persen.

“Tadi saya mendapat laporan dari Menteri Perindustrian, ada kenaikan untuk purchase order-nya 190 persen. Artinya harus inden. Artinya ini yang memproduksi kewalahan. Artinya lagi industri otomotif sudah bangkit kembali,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo berharap agar penyelenggaraan pameran otomotif ini dapat meningkatkan reputasi Indonesia di dunia otomotif global. Sementara untuk industrinya, Kepala Negara berharap agar kapasitas produksi industri otomotif dalam negeri dapat ditingkatkan dengan pemakaian kandungan lokal yang semakin tinggi dan bergerak menggarap pasar-pasar ekspor baru.

Namun, Kepala Negara juga mengingatkan agar seluruh pihak tetap menjaga kewaspadaan terhadap penyebaran pandemi Covid-19 yang saat ini relatif dapat dikendalikan. Dengan demikian, sisi kesehatan dan penanganan pandemi dapat terus dijaga sehingga pemulihan ekonomi dapat terus dilakukan dan bergerak maju.

Untuk diketahui, acara peresmian pembukaan IIMS Hybrid Tahun 2021 ini juga diikuti secara virtual dari JIExpo Convention Centre and Theater, Jakarta, di mana penyelenggaraan luring secara terbatas dilakukan. Penyelenggaraan ajang pameran ini dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability).

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut antara lain Ketua MPR Bambang Soesatyo yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh selaku pihak penyelenggara.

Jurnalis: Jarkoni

Editor: Mega

TerPopuler

close