Polda Metro Gelar Operasi Keselamatan, Berikut Berbagai Aspek Utamanya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Polda Metro Gelar Operasi Keselamatan, Berikut Berbagai Aspek Utamanya

, 4/12/2021 03:51:00 PM

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran memimpin apel gelar pasukan (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Jakarta - Polda Metro Jaya menggelar Operasi Keselamatan menjelang Ramadhan 2021. Operasi dimulai hari ini sampai 25 April dengan berbagai tujuan, salah satu fokus tujuannya adalah edukasi larangan mudik.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Apel digelar di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Senin (12/4/2021).

"Operasi Keselamatan Jaya 2021 yang akan dilaksanakan mulai hari ini hingga 25 April 2021 merupakan operasi yang bersifat preventif dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas sebagai pra kondisi memasuki giat Operasi Ketupat Jaya 2021," ucap Fadil.

Selain dari segi aspek berlalu lintas, operasi ini juga berfokus dalam memberikan sosialisasi terhadap masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Masyarakat diminta agar tidak berkerumun dan tidak melaksanakan mudik lebaran.

"Oleh karena itu jadi penting untuk saat ini kita melaksanakan apel gelar pasukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel dan sarana pendukung lainnya sehingga kegiatan operasi berjalan optimal sesuai sasaran yang ditetapkan," sambungnya.

Ia juga menyampaikan bahwa operasi akan digelar di sejumlah wilayah. Seperti Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang (Jadetabek). Operasi juga akan mengedepankan edukasi kepada masyarakat.

Sasaran utama dari operasi ini adalah kepada 5 aspek utama. Pertama, mencegah warga agar tidak mudik selama periode Hari Raya Idul Fitri 2021. Kebijakan ini pula bertujuan demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Pertama, mensosialisasikan imbauan larangan mudik, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang prokes dan tertib berlalu lintas, melaksanakan kegiatan kemanusiaan dengan membagikan masker dan melaksanakan swab antigen gratis dan bakti sosial kepada masyarakat," katanya.

Kemudian, petugas akan melakukan upaya pencegahan terkait potensi gangguan kamtibmas. 

"Keempat, meminimalisir gangguan kamtibmas seperti balap liar dan polusi suara knalpot bising dan kelima melaksanakan manajemen lalu lintas dalam mengantisipasi arus mudik," pungkasnya.



Jurnalis : Qolbi
Redaktur : Ramdhan

TerPopuler

close