BMKG: Waspada Potensi Gempa Megathrust di Malang dan Sepanjang Selatan Jawa -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

BMKG: Waspada Potensi Gempa Megathrust di Malang dan Sepanjang Selatan Jawa

, 4/17/2021 12:25:00 PM

 

Ilustrasi penampakan gempa megathrust.

Vnn.co.id, Malang – Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangtretes Malang menyebut Kabupaten Malang, bagian selatan Pulau Jawa berpotensi gempa berkekuatan besar.

Hal itu disampaikan oleh Ma’muri, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangtretes Malang yang mengatakan bahwa potensi gempa bumi berdorongan besar tejadi pada zona subduksi di batas lempeng konvergen destruktif, yakni satu lempeng tektonik tertekan di bawah lempeng yang lain (megathrust).

“Memang ada potensi gempa  yang mengancam di selatan Kabupaten Malang dan sepanjang selatan Jawa,” tutur Ma’muri, Kamis (15/4/21).

Namun, dirinya tak berani mengatakan secara gamblang terkait apakah benar berpoensi megathrust atau tidak. Ia menyarankan untuk bertanya langsung kepada ahlinya.

“Potensi gempa bermagnitudo berapa, dapat mencari data ke para ahli. Walau berdasarkan para ahli, gempa megathrust ini sendiri berpotensi memiliki magnitudo 8,7, itu yang terburuknya. Tapi kami tiddak tahu kapan, memang potensi itu ada,” katanya.

Sementara, menurut data sejumlah riset penelii tahun 2019 menyebutkan potensi gempa megathrust di Indonesia, salah satunya potensi tsunami mencapai 20 meter di Pulau Jawa bagian selatan, di timur 12 meter, dan bagian tengah sekitar 4,5 hingga 5 meter.

Skenario paling buruk yang diturunkan dari GPS para peneliti ialah apabila gempa di barat dan timur terjadi bersamaan akan menghasilkan gelombang tsunami tinggi sebagaimana disebutkan di atas.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 6,7 M melanda Malang pada 10 April 2021 lalu. Gempa tersebut dirasakan hampir semua daerah Pulau Jawa yang menyebabkan 4 orang meninggal dan ratusan orang terluka. Sehari kemudian, gempa bermagnitudo 5,5 menyusul.

Hal tersebut mendorong Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi Tsunami BMKG Daryono bercuit dalam akun Twitternya, bahwa gempa itu menjadi pengingat kebenaran ancaman sumber gempa subduksi lempeng itu nyata.

Gempa Selatan Malang yang destruktif merupakan alarm untuk kita semua bahwa ancaman sumber gempa subduksi lempeng Selatan Jawa yang selama ini didengungkan oleh para ahli gempa adalah benar. Kita patut waspada,” tulisnya.

Dari laporan jurnal ilmiah yang ditulis oleh 11 peneliti dari lembaga dan universitas Indonesia dan Internasional “Implications for Megathrust Earthquakes and Tsunamis from Seismic Gaps South of Java Indonesia”, gempa megathrust sendiri ialah gempa yang terjadi pada zona subduksi yang berada di atas lempeng konvergen destruktif, saat lempeng tektonik tertekan di bawah lempeng lain.

Gempa ini menjadi gempa bumi terkuat di muka bumi yang kemungkinan terjadi dengan kekuatan 9,0 magnitudo.

Red: Mega

 

TerPopuler

close