Denkesyah Giat Sosialisasi Manfaat Vaksinasi Covid-19 Kepada Babinsa Kodim 1205/Sintang -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Denkesyah Giat Sosialisasi Manfaat Vaksinasi Covid-19 Kepada Babinsa Kodim 1205/Sintang

, 2/05/2021 10:52:00 PM

Sosialisasi Manfaat Vaksinasi Covid-19 oleh Denkesyah Kepada Babinsa Kodim 1205/Sintang (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Sintang - Letda CKM dr. l. M. Bayu, memberikan sosialisasi dan imbauan kepada para Babinsa Kodim 1205/Sintang tentang vaksinasi tahap ke dua di Aula Makodim 1205/Sintang, Kamis (04/02/21). Kegiatan vaksinasi tahap kedua ini akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang.

Adapun tujuan sosialisasi kepada para Babinsa ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya Vaksinasi ini, kerena banyak masyarakat yang takut dengan adanya Vaksinasi.

"Pentingnya Vaksinasi diadakan yaitu untuk menangkal penyebaran COVID-19 yang menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Oleh kerena itu setiap WNI wajib melaksanakan vaksinasi," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa ada pula pengecualian untuk Vaksinasi tersebut. "Kecuali, ibu hamil, ibu yang sedang menyusui, yang alergi terhadap antibiotik, dan anak-anak dibawah umur serta lansia, berikut yang tidak boleh divaksinasi," terang Bayu dalam sosialisasi tersebut.

Babinsa Koramil 07/Sintang Kota, Kopda Hendrik menanyakan terkait efek samping dari Vaksinasi tersebut. "Vaksinasi tidak ada efek samping, kecuali orang yang divaksin tersebut kurang tidur," jawab Bayu.



Dikatakan olehnya pula, bagi yang sedang demam dan punya penyakit lain, efeknya antara lain sesak nafas, serta nyeri. Namun pada saat sebelum Vaksinasi dilakukan, setiap masyarakat akan di cek kesehatannya terlebih dahulu. Dan setelah Vaksinasi selesai maka bagi yang sudah di vaksin tidak diperbolehkan beraktivitas terlebih dahulu dalam waktu 30-60 menit.

"Hal ini dimaksud supaya jika terjadi gejala atau perubahan kesehatan akan bisa ditangani oleh Dokter atau petugas kesehatan yang lain," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Danramil 04/Kota Baru, Pelda Suyadi menyampaikan bahwa di wilayah mereka banyak sekali masyarakat yang takut dengan adanya Vaksinasi. Penyebabnya kerena mereka belum pernah melaksanakan sebelumnya.

"Namun saya tidak tinggal diam, saya menyampaikan kepada masyarakat bahwa Vaksinasi adalah proses untuk menangkal virus COVID-19 yang sedang melanda wilayah di Indonesia, hal ini wajib kita laksanakan. Selain itu, vaksinasi ini juga untuk menjaga kekebalan imunitas tubuh kita, jadi tidak ada yang perlu kita takutkan," ungkapnya.

Letda Ckm dr I. M. Bayu, menghimbau kepada Babinsa khususnya jajaran Kodim 1205/Sintang, setelah pelaksanaan Vaksinasi harus tetap menjaga faktor kesehatan, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. "Kerena inilah poin yang sangat penting pada saat ini yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh kerena itu, setiap Babinsa yang bertugas di wilayah masing - masing harus mampu mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan," tutupnya.


Sumber : Pendim 1205/Stg
Jurnalis : Muhammad Sandi
Editor : Ramdhan

TerPopuler

close