Kini Pukul :

Warga Villa Mutiara Cikarang Gelar Donor Darah

Kegiatan donor darah di Masjid At-Taqwa, Ahad (17/1/21).


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - 
Kebutuhan darah saat ini makin banyak dan pendonor berkurang. Apalagi saat ini masih nuansa pandemi Covid-19. Di mana kebutuhan stok darah makin menipis karena orang donor sukarela saat ini berkurang. Serta kegiatan ke instansi baik swasta dan pemerintah  dihentikan karena kondisi pandemi  Virus  Covid-19.

Namun Pengurus RW 009, Pengurus RT 26, 28, 29 dan 31 dan Pengurus DKM Masjid At-Taqwa di Blok G Villa Mutiara Cikarang bekerja sama dengan UTD Palang Merah Indonesia Kabupaten Bekasi hari ini menggelar acara Bakti sosial “Donor Darah Untuk Sesama” di Teras Masjid At-Taqwa, Ahad (17/1/2021).

Dalam kegiatan donor darah di masa Pandemi Covid-19 ini, kerjasama antara Panitia dan petugas PMI dalam menerapkan Protokol kesehatan sangat penting. Selain penyemprotan disinfektan di area teras masjid, pendonor wajib memakai masker, cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, cek suhu, pengaturan jarak, dan pencegahan kerumunan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Kepatuhan warga terhadap pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 pada kegiatan donor darah tersebut dipantau langsung oleh Bhabinkamtibmas Desa Ciantra serta dari Polsek Cikarang Selatan yaitu Aiptu Karna Sasmita yang hadir di lokasi.


Bagi setiap warga yang berniat mendonor, mendaftarkan diri di meja registrasi sejak pukul 09.00–11.00 WIB.

Donor darah diawali dengan pemeriksaan kesehatan, tekanan darah dan HB pada setiap calon pendonor, selanjutnya calon pendonor darah yang dinyatakan sehat kemudian diberi nomor urut untuk mendapat pelayanan sebagai pendonor darah untuk diambil darahnya.


Total ada 63 peserta donor yang berpartisipasi.

Kegiatan donor darah ini bagian dari upaya PMI Kabupaten Bekasi dalam mempersiapkan stok darah sehingga tidak kehabisan stok darah dalam melayani pasien yang membutuhkanya.

Ketua RW 009 Suprapto dalam sambutan pembukaan mengatakan, "program bakti sosial donor darah di RW. 009 adalah baru pertama kali dilakukan di wilayah RW 009 yang Insya Allah kedepannya akan dilakukan rutin setiap 3 bulan."

"Terima kasih kepada pengurus RT dan pengurus DKM At-Taqwa, PMI dan juga Panitia atas kerjasamanya sehingga acara bakti sosial ini dapat berjalan dengan baik dan panca. Dengan diadakannya kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian warga RW 009 terhadap kebutuhan darah dalam dunia medis yang diperlukan oleh para dipasien yang membutuhkan dan juga untuk membangun kesadaran warga akan pentingnya menjaga kesehatan,” lanjut Suprapto.


Di lokasi yang sama, Ketua Panitia Agus Mardika saat di temui media mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta donor baik yang lolos dan tidak lolos semoga kegiatan semacam ini bisa kita lakukan secara rutin.

"Terimakasih juga kepada seluruh warga dan DKM yang telah suport acara donor darah ini," tutup Agus Mardika.

Jurnalis: Jarkoni 

Editor: Mega