Lewat Gerakan Ini, Indonesia Optimis Bangkitkan Sektor Pariwisata -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Lewat Gerakan Ini, Indonesia Optimis Bangkitkan Sektor Pariwisata

, 11/22/2020 04:43:00 PM

Bumi Perkemahan Rancaupas, Bandung (foto : wisatabagus.com)


Vnn.co.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat pemerintah Indonesia guna membangkitkan sektor pariwisata. Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih mengatakan bahwa Gerakan Bersih Indah Sehat Aman (BISA) yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat menjadi salah satu upaya efektif untuk memulihkan sektor pariwisata.

"Badai pandemi telah memukul sektor ekonomi andalan devisa negara ini sehingga perlu usaha untuk membangkitkan lagi. Semoga kalau pariwisata bangkit lagi kan menjadi obat bagi masyarakat pelaku di lokasi wisata," kata Fikri dalam pernyataannya, Minggu, 23 November 2020 seperti dikutip dari laman Pikiran Rakyat.

Fikri menambahkan, bahwa pandemi Covid-19 ini telah membawa Indonesia ke dalam jurang resesi ekonomi. 

"Banyak pihak sudah bilang kita masuk resesi, minus pertumbuhan sudah 5,2 persen. Pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor penyumbang devisa dan Produk Domestik Bruto negara," ujarnya. 

Pariwisata sudah jadi andalan devisa nomor dua di Indonesia setelah CPO, bahkan bisa jadi apabila digabung dengan sektor ekonomi kreatif menjadi nomor satu. Ambruknya sektor pariwisata di situasi pandemi ini telah memperburuk kondisi resesi ekonomi.

"BISA ini merupakan rintisan bagi pelaku sektor wisata di daerah untuk bangkit, bagaimana menyiapkan lokasi wisata sesuai adaptasi kebiasaan baru ( new normal) agar senantiasa mematuhi protokol Kesehatan," tambah Fikri.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa pariwisata menjadi penyambung kehidupan bagi masyarakat, terutama yang bermukim di daerah wisata. 

Fikri juga berpendapat bahwa pada saat ini menjadi saat yang tepat guna memperbaiki mindset dan standar tempat wisata yang aman, terutama agar tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.


Rep : Erika Fridadixa
Red : Ramdhan

TerPopuler

close