Musibah Semburan Gas di Jatirangga - Bekasi Mirip Lumpur Lapindo -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Musibah Semburan Gas di Jatirangga - Bekasi Mirip Lumpur Lapindo

, 9/06/2020 10:13:00 AM


Vnn.co.id, Jatirangga - Sabtu, 5 September 2020. Warga RT 03/04 Kel. Jatirangga, Jatisampura Kota Bekasi, Jawa Barat digegerkan dengan semburan yang mirip lumpur lapindo pada galian sumur bor di Jln. Lembur I No. 31.

Kejadian itu menurut Ahmad Affandi, Lurah Jatirangga berawal dari sekitar jam 09.00 WIB dimana pengeboran diyakini dilakukan oleh pemilik usaha air mineral, sebab tak jauh dari tempat pengeboran itu berdiri perusahaan komersil air mineral Elena.

Sampai saat ini ketinggian luapannya mencapai 10 m dan belum berhenti. Sehingga lubang tersebut ditutup menggunakan batu, semen, karung pasir, dan sejenisnya untuk mengurangi frekuensinya.
VIDEO JEBOLNYA GAS BUMI DARI PENGEBORAN WATERPARK JATIRANGGA - BEKASI.

Pasalnya, pengeboran ditargetkan dengan kedalaman 120 m. Namun, prediksi tak sesuai ekspetasi. Belum lagi alat itu menyentuh kedalaman yang diinginkan, air yang diduga terindikasi gas bumi menyeruak pada titik 90 m.

Salah satu saksi mata memberi keterangan bahwa semburan itu awalnya mengeluarkan air bercampur lumpur. Terdapat lingkaran pelangi di atasnya yang mengindikasikan kandungan gas di dalamnya.

Untuk pengantisipasian, Lurah Affandi berkoordinasi dengan Walikota Bekasi yang menggandeng petugas LH.

Tak ketinggalan, petugas migas pun melakukan kroscek ke tempat kejadian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, tidak ada kandungan bahan berbahaya pada sampel air yang diteliti.

Hal ini juga ditangguhkan oleh Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Wijonarko yang mengatakan bahwa semburan air dari lubang galian tersebut tidak  berbahaya.

Jurnalis: IP

Editor : Mega

TerPopuler

close