Kini Pukul :

Tingkatkan Pengetahuan Melalui Regulasi dan Aturan, BPD Se-Kecamatan Sukawangi Gelar Bimtek

Vnn.co.id, Kabupaten Subang - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se-Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Sari Mas Kabupaten Subang Jawa Barat, Rabu - Kamis (31/7/2019 - 1/8/2019) dengan mengusung tema Meningkatkan Kapasitas BPD Agar Mewujudkan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Yang Sejahtera dan Menjunjung Tinggi Etika Budaya Dalam Menyampaikan Aspirasi Masyarakat

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Sukawangi, Juanda Rahmat, Ketua F-BPD Kabupaten Bekasi, H Karno, dan beberapa Kepala Desa Se - Kecamatan Sukawangi.

Dalam sambutannya Camat Sukawangi, Juanda Rahmat mengatakan dihadapan para peserta Bimtek BPD untuk Mewujudkan Pemerintahan Desa yang baik sesuai dengan regulasi dan selalu menjalin komunikasi.

Juanda Rahmat, Camat Sukawangi saat memberikan sambutan
"Yang terpenting ada payung Hukum yang didasari dengan Peraturan Desa (Perdes) karena hal ini yang akan menyelamatkan rekan - rekan semua",ucap Camat Juanda.

Camat Juanda juga mengungkapkan mungkin sudah banyak yang di alami oleh temen-temen Kepala Desa di Wilayah Pemerintah Kabupaten Bekasi maupun Luar Daerah lainnya yang membawa ke renah Hukum.

"Ya itu karena tidak dipayungi oleh Peraturan Desa (Perdes),itulah tugas rekan-rekan selaku BPD untuk mengingatkan Kepala Desa",Ungkapnya

Camat juga mengingkatkan segala sesuatu yang kita lakukan, tindakan itu payungi dengan Peraturan Desa (Perdes).

H. Karno, Ketua Forum BPD Kab. Bekasi ketika memberikan materi Bimtek
Sedangkan Ketua Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Kabupaten Bekasi, H Karno menekankan penguatan Kelembagaan BPD untuk tertib admintrasi dan sesuatu tertib Musyawarah.

Dirinya juga menyampaikan untuk memahami regulasi, BPD harus kaya akan pemahaman regulasi yang berkaitan Pemerintah Desa. Perbanyak pendeketabn dan duduk bersama dengan Kepala Desa untuk mengacu kepada regulasi.

Masih kata H Karno, banyak diskusi BPD dengan Kepala Desa, coba memahami kesulitan Kepala Desa dan berikan solusi - solusi agar tujuan terbangun kedekatan emosional antara BPD dan Kepala Desa untuk mencapai suatu tujuan Pembangunan Nyata di Desa.

Peserta Bimtek
Sementara itu Ketua F-BPD Kecamatan Sukawangi, Sutarya mengucapkan terima kasih kepada semua peserta Bimtek, semoga kedepan hubungan antara BPD dan Kepala Desa lebih harmonis dan lebih baik lagi.

"Alhamdullilah antusias seluruh anggota BPD Se - Kecamatan Sukawangi begitu semangat dalam mendengarkan dan memahami apa yang di sampaikan oleh para narasumber," pungkasnya.

Rep : Ahim
Red : JF

No comments