Kini Pukul :

Situ Cibeureum Tambun Selatan, Belum Maksimalnya Pengelolaan Wisata Di Kabupaten Bekasi

Situ Cibeureum, Tambun Selatan
Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi — Kabupaten Bekasi tidak hanya dikenal sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, bahkan kawasan ini memiliki destinasi wisata alam yang memiliki tempat wisata yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

Salah satunya adalah Situ Cibeureum yang terletak di Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Situ yang berada di areal perumahan elite Grand Wisata ini, ramai dikunjungi setiap harinya.

Situ Cibeureum menyajikan keindahan alam di setiap sudut wilayahnya. Anda juga mengabadikan keindahan situ dari balik lensa kamera. Bahkan bagi para pecinta komunitas photografer, kawasan ini menjadi obyek photo yang sempurna untuk melakukan kegiatan hunting foto di alam terbuka yang menjanjikan pemandangan unik dan indah.

Situ Cibeureum merupakan danau yang terbentuk secara alami dan berada di atas tanah dengan kontur cekung. Bentuk tersebut menyebabkan survis retation yaitu keadaan dimana air tertahan di permukaan karena adanya lekukan.

Lekukan tersebut terjadi akibat kikisan air hujan di atas tanah berkarakter liat namun menyerap sekaligus menahan air.
View Situ Cibeureum, Grand Wisata.
Mulanya luas Danau Cibeureum di kawasan Tambun Selatan ini mencapai 38 Ha. Dan menjadi salah satu penopang kehidupan masyarakat sekitar. Banyak warga menggantungkan hidup dengan mencari ikan dan berjualan di sekitar kawasan danau.

Selain itu, Situ Cibeureum juga merupakan sumber irigasi pertanian warga. Memasuki tahun 1990, luas area Danau Cibeureum tersebut menyusut akibat pembangunan Perumahan Grand Wisata. Sekarang ini luas danau hanya tersisa 2 Ha.

Kedalaman danau Situ Cibeureum juga semakin berkurang. Hal ini menyebabkan Danau atau Situ Cibeureum terkadang terlihat kering kerontang saat kemarau panjang.

Meski luasnya semakin menyempit, Danau Cibeureum tetap menjadi salah satu lokasi pemancingan favorit bagi warga dan masyarakat sekitar.

Di dalam danau memang banyak terdapat ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus, ikan tawes, ikan keting, dan sebagainya.

Situs Cibeureum juga telah dilengkapi berbagai fasilitas wisata seperti saung bambu sebagai tempat peristirahatan para pengunjung, warung makan dan kios souvenir, tempat parkir kendaraan, serta toilet umum.
Nuansa Asri Di Tengah Perumahan Elite.
Untuk menuju obyek wisata Situ Cibeureum Anda bisa menggunakan kendaraan mobil atau motor.

Bila kita akan menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan angkot Koasi 39 dari Bekasi Trade Center (BTC) dan turun di Jembatan Legenda, atau bisa juga gunakan Angkot dari Pasar Tambun - Cimuning Koasi 23, turun di depan Mcdonald Grand Wisata.

Dari sana kita dapat naik ojek untuk menuju obyek wisata Situ Cibeureum. Agar lebih jelasnya dapat lihat di dalam peta petunjuk.

Situ Cibeureum, akan menjadi alternatif yang cocok bagi Anda yang ingin berlibur dengan nuansa liburan sederhana dan teduh. Menikmati lembayung sore di tempat ini juga menjadi pilihan romantis yang patut Anda coba.

Source: BBWM/Cha

No comments