Belajar di DIY, Mahasiswa Asal Papua Siap Membangun Papua Bersama NKRI -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Belajar di DIY, Mahasiswa Asal Papua Siap Membangun Papua Bersama NKRI

, 7/23/2019 08:17:00 PM
Vnn.co.id, Yogyakarta -  Mahasiswa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) asal Papua menyikapi situasi politik pasca Pilpres 2019. menurut keterangan dari salah satu perwakilan Mahasiswa asal Papua yang bernama Bernard dan Alex yang merupakan mahasiswa universitas APMD Yogyakarta.

"Mahasiswa yang berasal dari Papua kini sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta jumlahnya tidaklah sedikit namun  banyak  di beberapa Universitas Yogyakarta",Ucapnya, Senin (23/7/2019).

Mahasiswa Papua ada yang belok kekanan (mendukung segala kebijakan Pemerintah Indonesia) dan kekiri (yang menginginkan keluar dari NKRI).

Kelompok mahasiswa yang bertempat tinggal di mess mahasiswa Kamasan sangatlah tertutup dalam kehidupannya baik dengan warga sekitar maupun warga yang sama-sama dari Papua.

Kami mahasiswa Papua menyikapi kegiatan yang menjadi sorotan nasional terkait dengan aksi - aksi mahasiswa Papua yang selalu menyuarakan kemerdekaannya untuk Papua itu merupakan kejahatan karena Papua sampai saat ini masih merupakan bagian dari NKRI dimana secara konstitusional upapaya kemerdekaan itu tidak akan bisa terlaksana dan mustahil.tuturnya

Selama ini Pemerintahan Jokowi sangat memperhatikan Papua dimana pada masa pemerintahan Jokowi 5 tahun ke belakang fokus ke pembangunan di Papua yang akan di rasakan oleh masyarakat Papua jadi sepantasnya kami sebagai warga Papua mendukung apa upaya pemerintah Jokowi untuk kedepannya.

tidak mendukung segala aksi yang dilakukan kelompok Papua misalkan melakukan aksi demo yang tidak memiliki kejelasan dan tujuan akan aksi tersebut.

tidak mendukung segala kegiatan yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa papua dengan melakukan kegiatan demo karena punya pendapat tujuan utama pergi ke Yogyakarta untuk kuliah bukan untuk hal-hal yang tidak ada titik jelasnya.

Lebih lanjut dirinnya mengatakan dengan adanya ketidaksamaan dalam tujuan di Yogyakarta maka lebih baik mahasiswa yang belok kekanan tinggal di luar asrama atau mess mahasiswa Papua dikarenakan ingin konsentrasi ke pelajaran yang jika lulus nanti akan diterapkan ke wilayah Papua.

Sangat antusias dan mendukung langkah dari pemerintah terutama Polri untuk merubah pola pikir serta bersedia juga membantu tugas Polri namun diyakini tidak akan mudah dan cepat dalam merubah pandangan orang apalagi Papua

"Sangat disayangkan jika adat atau kebiasaan dari kampung dalam artian untuk mahasiswa Papua dibawa ke tanah rantau atau Yogyakarta sebagai tempat menuntut ilmu sehingga akan bertentangan dengan adat Yogyakarta. Misalkan adat untuk minum - minuman keras yang dilarang di wilayah Yogyakarta",jelasnya.

Dengan adanya beberapa kejadian terutama yang mengatas namakan Papua maka akan menimbulkan pandangan yang negatif atau jelek terhadap warga atau mahasiswa yang berasal dari Papua padahal tidak tau apa-apa terkait tujuan dari aksi tersebut.pungkasnya

(Red)

TerPopuler

close