Kini Pukul :

Peluang Usaha Bisnis Kuliner Jajanan Rumahan Kue Rengginang. Cara Membuat.

Kue Rengginang Yang Sudah Digoreng.
Vnn.co.id, Jakarta - Kue Rengginang atau yang diwilayah Jawa Barat disebut Rangginang, merupakan makanan yang berbahan dasar beras ketan dengan rasa gurih dan asin.

Selain hidangan kue kering yang manis dan beraneka bentuk untuk lebaran tak lengkap rasanya jika tak turut serta hidangkan rengginang untuk para tamu.

Kalau ngomongin rengginang sebagai sajian lebaran, tak ada salahnya jika kita mencoba membuat sendiri rengginang di rumah.

Dengan membuat rengginang sendiri di rumah, untuk kebersihan dan kesehatan rengginang tentunya bisa terjamin bukan?

Untuk membuat rengginang sendiri pada dasarnya sangat mudah kok. Seperti apa caranya? Simak resepnya di bawah ini.

Bahan

250 gram beras ketan

Air (kurang lebih 100 ml)

Bumbu

Garam (secukupnya)

2 siung bawang putih (haluskan)

1 sdt terasi bakar (haluskan)
Rengginang Mentah Setelah Dijemur.
Cara Membuat

1. Rendam beras ketan kira-kira selama 30 menit. Jika sudah, angkat lalu tiriskan.

2. Siapkan panci untuk mengukus ketan yang sudah ditiriskan. Kukus beras ketan kira-kira selama 15 menit. Jika sudah, angkat beras ketan dan sisihkan sebentar.

3. Di panci berbeda, rebus air dan tambahkan garam, bawang putih serta terasi. Rebus semua bahan ini hingga larut dan air mendidih.

4. Ketika air sudah mendidih, masukkan beras ketan ke dalam panci dan rebus sebentar sambil diaduk hingga air asat (cukup kering).

5. Selanjutnya, kukus lagi beras ketan yang telah direbus hingga matang dan ketan empuk. Jika sudah, angkat dan cetak ke dalam loyang.
Pengusaha Kue Rengginang. Sumber: Google
6. Anda bisa mencetak rengginang dengan bentuk bulat, kotak atau segitiga dan sesuai selera.

7. Jemur rengginang di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Biasanya, bila matahari terik rengginang ini bisa kering hanya dalam satu hari saja.

8. Jika rengginang sudah kering dan suhunya dingin,anda dapat menggorengnya. Goreng rengginang hingga warnanya kuning kecokelatan dan sajikan untuk keluarga tercinta.

Itulah bagaimana resep membuat rengginang sebagai sajian lebaran.
Resep yang sangat mudah bukan?
Selamat mencoba resep ini dan selamat menyambut lebaran bagi anda yang beragama muslim.  Untuk anda yang hari ini puasa, selamat menjalankan ibadah puasa.
Semoga, informasi ini bermanfaat.

Sumber: Liputan6.com

No comments