Eggi Sudjana Ditahan Polda. Dinilai Sangat Berlebihan Bahkan Cenderung Otoriterisme -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Eggi Sudjana Ditahan Polda. Dinilai Sangat Berlebihan Bahkan Cenderung Otoriterisme

, 5/15/2019 01:37:00 PM
Eggi Sudjana, Ditahan Polda.
Vnn.co.id, Jakarta — Eggi Sudjana yang telah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah menjadi tahanan Polda selama 20 hari kedepan erat kaitannya dengan kasus makar dinilai sangat berlebihan bahkan cenderung otoriter.

Presidium Persatuan Pergerakan, Andrianto mengatakan, di era reformasi adalah hal yang lumrah orang berbicara kritis, tidak terkecuali people power yang dimasalahkan itu. Pernyataan semacam itu hanya kebebasan berekspresi karena belum ada tindakan nyata.

"Apa iya Eggi Sudjana begitu membahayakan. Apalagi yang dituduhkan begitu bias. Era reformasi biasa saja orang bicara kritis," ujar Andrianto saat dihubungi redaksi RMOLCO, Rabu (15/5).

Lebih lanjut ditekankannya, pada era reformasi, tidak ada satu pemerintah pun selain pemerintahan sekarang yang memenjarakan orang-orang yang kritis.

Maka dari itu, aktivis mahasiswa tahun 1998 ini menilai bahwa penetapan tersangka dan penahanan Eggi Sudjana merupakan sebuah kemunduran demokrasi.

"Lihat era Habibie, Gus Dur, Mega, SBY, begitu banyak orang demo anti pemerintah. Apa saat itu ada aktivis yang ditahan? Jelas kita alami kemunduran demokrasi. Bahaya otoriterisme mulai tampak. Ingat kekuasaan yang ditopang oleh legitimasi yang rendah akan rentan," pungkas Andrianto.

Redaksi

TerPopuler

close