Kini Pukul :

Perbaikan Data Jumlah Korban Tsunami Selat Sunda, Angkanya Berkurang.

Evakuasi Korban Bencana Tsunami Selat Sunda,
Relawan Bela Alam KODIM 0621 Kab. Bogor.
Vnn.co.id, Jakarta - Dalam laporannya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan jumlah korban tewas akibat tsunami Selat Sunda menurun dari laporan dua hari sebelumnya.

Pada Jumat (28/12/2018) pukul 13.00 WIB, total dampak tsunami di lima kabupaten di Banten dan Lampung tercatat 426 orang. Jumlah itu menurun dibandingkan laporan BNPB pada Rabu (26/12/2018), yaitu 429 orang.

"Kenapa terjadi penurunan? Setelah kita lakukan cross check, ternyata ada beberapa korban meninggal yang didata ganda. Ada yang di Pandeglang dicatat di Serang, begitu juga sebaliknya. Jadi data yang fix yang diumumkan hari ini," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB.
Video Evakuasi Korban Jiwa Bencana Tsunami Selat Sunda 2018.
Sementara untuk korban luka-luka sebanyak 7.202 orang dan 23 orang masih dinyatakan hilang. Kemudian sebanyak 40.386 orang mengungsi.

Menurut Sutopo, korban kemungkinan masih akan bertambah. Alasannya yang pertama, korban belum ditemukan karena material yang dihanyutkan tsunami masih banyak. Kedua, belum semua daerah disisir.

"Demikian juga dampak kerusakan fisik akan terus bertambah," ujar Sutopo yang merupakan alumni Universitas Gajah Mada dan Institut Pertanian Bogor..

Jurnalis: Jaka
Editor: IP

No comments