Ketua DPRD Bogor Ingin Berikan Suplemen untuk Jaga Kesehatan Petugas Pemilu -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ketua DPRD Bogor Ingin Berikan Suplemen untuk Jaga Kesehatan Petugas Pemilu

, 1/16/2024 10:31:00 AM

 



Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)
VNN.CO.ID, Bogor - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, mengusulkan pemberian suplemen bagi para petugas Pemilu yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024. Inisiatif ini bertujuan untuk memastikan kesehatan para petugas, mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga pengawas TPS.


Rudy menyatakan bahwa pemberian suplemen ini menjadi langkah preventif untuk menghindari potensi masalah kesehatan yang mungkin dialami para petugas, seperti yang terjadi pada Pemilu 2019. "Dengan adanya dukungan ini, kami berharap potensi risiko kesehatan petugas dapat diminimalkan, dan keberlanjutan pelayanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan dapat dimulai sejak dini," ucapnya.


Ketua DPRD Bogor menyoroti peran penting Dinas Kesehatan dalam menjaga kesehatan para penyelenggara Pemilu. Dia menegaskan bahwa kesehatan para petugas TPS juga berdampak positif terhadap kelancaran dan kualitas pemilu. "Konsentrasi penuh para penyelenggara pemilu di TPS diperlukan agar pemilu dapat berlangsung jujur, adil, bebas, dan rahasia," tambah Rudy.


Muhammad Adi Kurnia, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, mengungkapkan bahwa sebanyak 106.596 KPPS akan bertugas di 15.228 TPS di seluruh Kabupaten Bogor. Proses pendaftaran KPPS telah dimulai, dan KPU memberikan petunjuk kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melakukan penelitian administrasi persyaratan.


Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin, menambahkan bahwa pihaknya juga akan mengerahkan 15.228 pengawas TPS pada hari pencoblosan, dengan setiap pengawas TPS bertanggung jawab mengawasi satu TPS.***

TerPopuler

close