Meneropong Rasionalitas Politik di Kabupaten Bogor -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Meneropong Rasionalitas Politik di Kabupaten Bogor

, 7/08/2023 01:52:00 AM


Vnn.co.id - Pada dasarnya, politik itu rasional, karena berkenaan dengan pengelolaan negara melalui otorisasi kuasa yang diberikan oleh rakyat dan didistribusikan ke dalam sistem politik. Melalui kuasa itulah, tindakan dan keputusan politik diambil dalam rangka mencapai suatu tujuan.

Melalui kerja sistem-sistem yang bergerak seperti roda-roda kecil (yudikatif, eksekutif, dan legislatif) yang setiap putarannya bergerak menuju, dan menunjang, putaran sebuah roda besar (negara). Inilah misi otentik politik. Politik itu bersifat rasional sebagai sebuah kerangka berpikir maupun mekanisme kerja. Dalam politik, tujuan maupun cara untuk mencapainya memiliki kerangka logika yang jelas.

Namun, politik tidak menutup diri dengan aspek-aspek yang masih tidak atau belum memenuhi prasyarat rasionalitas. Seperti kita lihat di Kabupaten Bogor dengan jumlah penduduk ± 5.489.536 jiwa dengan luas 298.838 hektare, dengan 40 kecamatan yang terdiri atas 416 desa dan 19 kelurahan.

Luas wilayah Kabupaten Bogor membuat masyarakat di pelosok kesulitan menjangkau layanan publik di pusat pemerintahan. Seperti halnya dari wilayah timur atau barat, untuk menuju Cibinong dengan menggunakan sepeda motor, misalnya, butuh waktu tempuh lebih dari 3 jam maka Pemekaran adalah solusi logis terkait hal itu.

Pemekaran Kabupaten Bogor juga menjadi solusi pemerataan pembangunan di Kabupaten dan memutus ketimpangan politik anggaran ditingkat pusat. Ruang demokrasi harus benar-benar dimanfaatkan pemilih hak suara untuk memilih berdasarkan parameter yang logis menuju kesejahteraan.

Pemilih rasional itu minimal didukung oleh dua modal utama yaitu pengetahuan dan kesadaran, untuk masyarakat Kabupaten Bogor, jadilah pemilih rasional menuju pemekaran Kabupaten Kabupaten Bogor.

Penulis : Ade Nur Cahya
Editor : Ramdhan

TerPopuler

close