Kolaborasi IPI dan AQUA Gandeng Disdukcapil Dalam Pengecekan Biometrik Bagi Pemulung TPST Bantar Gebang -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Kolaborasi IPI dan AQUA Gandeng Disdukcapil Dalam Pengecekan Biometrik Bagi Pemulung TPST Bantar Gebang

, 7/28/2023 01:59:00 AM
Ikatan Pemulung Indonesia, Danone AQUA, dan Disdukcapil Kota Bekasi dalam kegiatan Pengecekan Biometrik bagi pemulung TPST Bantar Gebang, di Kantor BPP IPI, Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi (foto : Ramdhan/VNN)


Vnn.co.id, Kota Bekasi - Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi untuk melakukan pengecekan Biometrik bagi para pemulung yang berlangsung di Kantor BPP IPI, Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 26 Juli - 27 Juli 2023 itu dihadiri oleh Ketua Umum BPP IPI Pris Polly Lengkong, Ketua Korwil Kota Bekasi, Ketua Komcat Bantar Gebang H. Atib, Kordinator Pendataan Penduduk Disdukcapil Kota Bekasi Octaviana, dan juga dihadiri oleh jajaran pengurus Komcat Bantar Gebang.

Ketum BPP IPI, Pris Polly Lengkong menyampaikan bahwa Pengecekan Biometrik ini merupakan serangkaian kegiatan dari HUT IPI yang ke-32 Tahun, juga mengacu pada amanah Rapimnas IPI yang dilaksanakan pada Desember 2022 lalu.

"Dalam Rapimnas IPI pada Desember 2022 lalu, menghasilkan 5 point program kerja yang dimana salah satunya yaitu melaksanakan Pengecekan Biometrik bagi pemulung di TPST Bantar Gebang yang diikuti sebanyak 185 orang. Dan ini merupakan program percontohan yang nantinya akan dilaksanakan juga di beberapa wilayah lain," kata Ketum BPP IPI Pris Polly Lengkong, atau yang akrab disapa Bang Polly.

Dalam proses berjalannya kegiatan tersebut, Bang Polly juga mengucapkan terima kasih kepada Danone Aqua yang telah mendukung kegiatan Pengecekan Biometrik bagi pemuling di TPST Bantar Gebang.

"Dalam melaksanakan kegiatan Pengecekan Biometrik pemulung TPST Bantar Gebang di Kantor BPP IPI Cikiwul Bantar Gebang, tentunya saya mewakili IPI mengucapkan banyak terima kasih kepada Danone AQUA yang telah mensponsori kegiatan kami sebagai project percontohan untuk skala nasional," sambungnya.

Pengecekan Biometrik pada pemulung didampingi Ketum BPP IPI Pris Polly Lengkong (paling kiri) bersama Kasi Pendataan Penduduk Octaviana Silitonga (paling kanan) (foto : Ramdhan/VNN)

Packaging Circularity Senior Manager, Jeffri Ricardo mewakili Danone AQUA juga menyampaikan akan terus mendukung pemulung dalam meningkatkan pencapaian penerapan ekonomi sirkular dan kampanye bijak plastik.

"Pada moment ini, mewakili Bapak Karyanto Wibowo selaku Sustainable Development Head Danone AQUA ingin menyampaikan bahwa kami selalu konsisten mendukung pemulung dalam AQUA Peduli sejak 1993. AQUA juga melihat peran penting pemulung dalam mendukung pencapaian penerapan ekonomi sirkular dan kampanye bijak plastik, Danone AQUA berkolaborasi dengan IPI untuk terus memberdayakan dan mendukung pemulung dengan kegiatan pengadaan identitas," ujar Jeffri Ricardo.

Selain itu, Ketua Komcat IPI Bantar Gebang H. Atib mengatakan bahwa Pengecekan Biometrik ini merupakan kegiatan awal yang nantinya akan ada kegiatan lanjutan guna merealisasikan para pemulung yang ingin memiliki E-KTP.

"Hari ini Pengecekan Biometrik untuk mengetahui apakah sudah terdata identitasnya atau masih kosong, kemudian langkah selanjutnya akan menunggu arahan dari pihak Disdukcapil Kota Bekasi. Sebanyak 185 orang pemulung datang langsung untuk mengecek identitasnya, mereka ada yang dari Kelurahan Cikiwul, Ciketing Udik, Sumur Batu, dan Desa Taman Rahayu," ungkap H. Atib.

Ketua Komcat IPI Bantar Gebang H. Atib (topi biru) bersama jajaran pengurus (foto : Ramdhan/VNN)

Ditempat yang sama, Kasi Pendataan Penduduk Octaviana Silitonga mengatakan bahwa langkah awal yang dilakukan hanya melakukan pengecekan identitas dari para pemulung yang sudah mengajukan Pengecekan Biometrik melalui IPI.

"Kami dari Disdukcapil Kota Bekasi hari ini hanya melakukan pengecekan data identitas saja, bagi yang belum ada data kependudukannya nanti akan kami tindak lanjuti agar para pemulung di TPST Bantar Gebang segera memiliki E-KTP. Tetapi, bagi pemulung yang sudah ada datanya nanti akan kami arahkan untuk segera membuat E-KTP sesuai dengan daerah asalnya," jelasnya.

Kegiatan yang berjalan selama 2 hari itu mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat, terlebih bagi masyarakat ingin mengurus keperluan yang harus menggunakan E-KTP. Mulai dari usia remaja hingga lanjut usia turut hadir untuk mengecek data kependudukannya.

Red : Ramdhan

TerPopuler

close