Damkar Kabupaten Bekasi Bagikan Tips Cegah Kebakaran -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Damkar Kabupaten Bekasi Bagikan Tips Cegah Kebakaran

, 5/02/2023 06:53:00 AM


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi berikan tiga tips penting untuk masyarakat yang akan meninggalkan rumah untuk mudik atau bepergian dalam waktu yang lama.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri mengimbau dan mengajak masyarakat Kabupaten Bekasi yang akan melaksanakan mudik atau meninggalkan rumah dalam waktu lama untuk menerapkan beberapa tips penting agar rumah tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Pertama sebelum meninggalkan rumah untuk mudik atau pergi, pastikan steker atau stop kontak peralatan elektronik (kulkas, dispenser, televisi) dan peralatan dapur seperti kompor gas, dalam keadaan aman. Jangan sampai ketika meninggalkan rumah peralatan elektronik masih dalam keadaan menyala," ucap Hasan Basri, Selasa (18/04/23).

Hasan menjelaskan, korsleting listrik menjadi pemicu utama beberapa kasus kebakaran rumah yang harus dihindari selama ditinggal pemiliknya. 

Selanjutnya, masyarakat wajib melaporkan situasi rumah kepada pihak RT maupun RW serta menitipkannya kepada tetangga terdekat untuk dapat membantu mengawasi keamanan lingkungan secara seksama.

"Kedua adalah dengan melaporkan kepada pihak RT atau RW. Pastikan ketika meninggalkan rumah diketahui oleh RT atau RW di lingkungan tempat tinggalnya, sehingga keamanan lingkungan dapat terjaga dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Kemudian yang ketiga, untuk masyarakat yang memiliki hewan peliharaan agar menitipkan kepada kerabat atau tempat penitipan hewan terpercaya, sehingga hewan peliharaan tidak terlantar di dalam rumah. Untuk hewan-hewan peliharaan berjenis reptil agar lebih diperhatikan lagi dan tidak sembarangan dalam penanganannya selama ditinggalkan.

"Ya, bagi warga yang memiliki hewan peliharaan sebaiknya dititipkan, jangan sampai ketika ditinggalkan apalagi dalam waktu yang lama tidak terpelihara. Sehingga menimbulkan masalah lainnya," jelasnya.

Lanjutnya, menghadapi musim mudik tahun ini, Damkar Kabupaten Bekasi, telah bersiaga melakukan antisipasi dengan menyiapkan personel lengkap selama masyarakat melaksanakan mudik. Sehingga dapat melakukan respon cepat dan pengendalian terhadap gangguan maupun masalah yang berkaitan dengan Dinas Pemadam Kebakaran. 

"Apabila ada insiden atau terjadi kebakaran, bisa langsung melaporkan ke pihak Damkar, kami sudah sampaikan nomor-nomor darurat yang dapat dihubungi. Jadi apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan, misalkan ada pengaduan baik itu terjadi insiden kebakaran atau gangguan hewan yang berbahaya, kita segera bertindak," terangnya.

Berikut nomor Hotline Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi yang dapat dihubungi, 021-22137870/021-22162577 (Kantor Pusat), 021-88336732 (Sektor Tambun Selatan), dan 021-89101527 (Sektor Cikarang Utara).

Red : Ramdhan

TerPopuler

close