Kolaborasi LBH Bogor Timur dan IPM PC Cileungsi Dalam Edukasi Hukum Untuk Pelajar Muhammadiyah -->

Kolaborasi LBH Bogor Timur dan IPM PC Cileungsi Dalam Edukasi Hukum Untuk Pelajar Muhammadiyah

, 11/01/2022 08:15:00 PM


Vnn.co.id, Kabupaten Bogor - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bogor Timur bersama Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Cabang Cileungsi menggelar kegiatan Dialog Hukum di Aula SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi, Jl. Anggrek No 86, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Kegiatan yang digelar pada Sabtu 29 Oktober 2022 itu bertemakan "Edukasi Untuk Mewujudkan Pelajar Sadar Hukum di Era 5.0" dan menghadirkan pemateri yang mumpuni di bidang hukum.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Direktur LBH Bogor Timur Jamaluddin bin Mansyur, SH., Penasehat LBH Bogor Timur Sulasmo Sakuri, SH., MH., Muhammad Namin, SH., Ketua Karang Taruna Kecamatan Cileungsi Syarifudin, SH.i., Ketua IPM PC Cileungsi Chandra Ditia dan beberapa tamu undangan lainnya.

Direktur LBH Bogor Timur Jamaluddim bin Mansyur, SH., mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membangun kesadaran hukum bagi para pelajar dan bekal untuk hidup bermasyarakat.

"Kita laksanakan kegiatan ini bukan sekedar memberikan edukasi, tapi kita berharap agar para pelajar Muhammadiyah menjadi pelajar yang sadar hukum," kata Jamaluddin.



Selain itu, Penasehat LBH Bogor Timur Sulasmo Sakuri, SH., MH., memaparkan materi tentang ilmu hukum pidana kepada para pelajar. Tentunya ilmu hukum pidana yang umum di masyarakat dan kerap kali terjadi.

"Saya ingatkan kepada para pelajar Muhammadiyah Cileungsi untuk menjaga perilaku kita dalam bermasyarakat, jauhi hal-hal yang akan bertentangan dengan hukum," papar Sulasmo Sakuri.

Ia juga mengatakan bahwa kemerdekaan setiap manusia harus tetap terjaga dan kita lindungi, begitupun hak-hak orang lain yang perlu kita hormati. Ditambah saat ini banyak para pelajar yang sudah mengenal sosial media, tentunya harus bijak dalam berperilaku di sosial media.

"Ini yang perlu kita tekankan, UU ITE yang harus kalian pahami. Terlebih saat menggunakan sosial media, jangan sampai meluapkan emosi dan melakukan tindakan-tindakan yang bisa merugikan diri sendiri di sosial media," sambungnya.

Para pelajar yang telah mendapatkan materi ilmu hukum pidana dan dasar ilmu hukum, langsung diberikan kesempatan untuk melakukan praktek hukum dengan membuat surat kuasa sesuai dengan materi yang telah diberikan.



Ditempat yang sama, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cileungsi Syarifudin, S.H.i., mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh LBH Bogor Timur dan IPM PC Cileungsi yang mengusung konsep dialog hukum. Ia merasa kegiatan ini akan meningkatkan pemahaman hukum bagi para pelajar.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan positif seperti ini, agar kedepannya pelajar di Kecamatan Cileungsi memiliki pemahaman hukum yang baik. Ilmu seperti ini yang diharapkan akan mengurangi tingkat kriminalitas di kalangan pelajar. Semoga kedepannya kegiatan seperti ini terus berjalan demi mencerdaskan para pelajar di Kecamatan Cileungsi," ungkapnya.

Ketua IPM PC Cileungsi Candra Ditia, turut berterima kasih kepada seluruh rekan-rekan panitia, pemateri dan para peserta yang hadir pada kegiatan tersebut. Karena acara berjalan dengan baik dan mendapatkan respon yang positif dari para pelajar.

"Alhamdulillah respon para pelajar sangat baik, terima kasih kepada seluruh elemen yang sudah membantu pelaksanaan kegiatan ini. Semoga kedepannya bisa terlaksana kembali kegiatan yang positif seperti ini," tutup Candra.

Setelah berbagai materi disampaikan oleh para pemateri, kegiatan itu ditutup dengan games yang menarik seputar ilmu hukum oleh Direktur LBH Bogor Timur.

Redaksi

TerPopuler

close