Kelilingi Cirebon dengan BRT Trans Cirebon -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Kelilingi Cirebon dengan BRT Trans Cirebon

, 12/14/2021 09:40:00 PM
Pict. Pemerintah Daerah Kota Cirebon


 Vnn.co.id, Kota Cirebon - Hallo temen-temen👋🏻👋🏻Udah tau belum kalau di Cirebon ada transportasi publik yang low budget dan pastinya nyaman banget loh . . 

Ada yang tau???

Yappp, betul kalau temen-temen nebak Bus Trans Cirebon jawaban temen-temen bener banget loh . . 

Dikutip dari Bisnis.com, "BRT resmi beroperasi pada 12 April 2021 dan menjadi transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah untuk memecah kemacetan di Kota Cirebon. Selain itu, bus ini juga digunakan sebagai penunjang kepariwisataan di Kota Cirebon."

Hal ini selaras dengan fakta di lapangan, selain menjadi angkutan umum BRT Trans Cirebon ini juga dijadikan Bus Pariwisata oleh Masyarakat sekitar. 

Pict. Rima Rismayanti

Menurut salah satu driver BRT Trans Cirebon masih sedikit masyarakat yang belum mengetahui rute angkutan umum ini, sehingga kebanyakan penumpang dari BRT Trans Cirebon ini yang hanya sekedar duduk dan menikmati perjalan mengelilingi Cirebon bahasanya si liat-liat jalan dulu. 

Tarifnya murah hanya Rp5000 untuk umum dan Rp3500 untuk pelajar/mahasiswa dengan menunjukkan KTM atau Kartu Siswanya. Selain itu, pembayarannya juga mudah bisa menggunakan Tunai dan Non Tunai (Link Aja, OVO, Gopay, Shopee Pay, dan sejenisnya melalui QRIS). 

Dengan tarif yang murah temen-temen dapet fasilitas apa aja sih?? Hmmm yuuu simak ya . . 

  1. Tempat duduk yang nyaman, berbeda dengan trasnportasi umum lainnya, BRT Trans Cirebon ini memiliki tempat duduk yang memanjang ke samping dan dilengkapi dengan seat belt pada setiap bangkunya. Jadi ini aman banget ya, jika terjadi kecelakaan temen-temen tetep stay di bangku tanpa khawatir jatuh dll.
  2. Full AC, nah ini nih yang penting, dengan tarif segitu temen-temen ga merasakan panas. Sejuk banget full AC.
  3. Full Audio, sepengalaman saya selama menaiki BRT Trans Cirebon ini, full musik. Jadi seperti Bus Bus antar kota antar provinsi, lagu yang diputarnya pun beragam. Ada lagi kecirebonan, dangdut, pop, dll.
  4. CCTV, CCTV menjadi hal yang sangat penting di transportasi umum, selain menghindari kejahatan. Jadi temen-temen tetap aman dalam berpergian.
  5. WiFi, BRT Trans Cirebon ini juga menyediakan WiFi, bahkan tadi kondekturnya menawari saya WiFi. Namun sayang, WiFinya tadi tidak bisa diakses. Next time kita coba lagi yah . .


Okehh sekarang kita bahas rutenya yuuu . . 

Scroll ke bawah yaa . .

Rute-rute BRT Trans Cirebon

Dukuh Semar - SMP 8 - Pengadilan Agama - Gua Sunyaragi - Monumen Juang - Dinas Pendidikan - Giant - Cideng - Stikom - Polsek Kedawung - Rumah Sakit Permata - Arhanudse - Aspol Krucuk - Kelurahan Kesenden - Kecamatan Kejaksan - Kelurahan Kebon Baru - Perikanan & Kelautan - Rumah Sakit Pelabuhan - Yos Sudarso - Kesunean - Karang Anom

Lalu bagaimana si cara naik transportasi BRT Trans Cirebon? Apakah 5000/3500 ini untuk perjalanan jauh & dekat?? Okeyyy, yuuu langsung simak penjelasan ini yah . . 

  1. Buat temen-temen yang hanya sekedar jalan-jalan menikmati suasana Cirebon cukup duduk manis aja dari Halte A kemudian nanti temen-temen turun lagi di halte tersebut.
  2. Buat temen-temen yang sudah punya tujuan, misal dari Halte Monumen Juang ingin ke Krucuk nah temen-temen bisa turun di Aspol Krucuk.
  3. Perlu diperhatikan ya, naik dan turunnya penumpang di BRT Trans Cirebon ini harus sesuai tempatnya, yaitu di Halte atau yang ada tulisan Bus Stop. Ga bisa minta berhenti sembarangan ya temen-temen .
  4. Tarif 3500/5000 itu untuk rute jauh dekat ya temen-temen, kalaupun temen-temen ingin muter mengelilingi Cirebon ya temen-temen cukup bayar 3500/5000 sesuai tarif yang nantinya dikenakan.
  5. Oiya, bus ini ada 10 armada ya. Jadi jangan khawatir ketinggalan dan bus ini ada setiap ± 45 menit sekali.
  6. Di setiap halte atau tempat pemberhentian bus ini berhenti sekitar 1-2 menit, ada atau tidak ada penumpang bus ini tetap berhenti.
  7. Bus ini akan berhenti lumayan lama yaitu ± 15 menit untuk istirahat di Halte Dukuh Semar.

Nah, itu dia sedikit riview atau sharing-sharing tentang BRT Trans Cirebon. Yuuuu naik transportasi umum dan jalan-jalan di Cirebon :)


Red : Anita

TerPopuler

close