Dapat Bantuan selama Banjir, Pemkab Donatur Peringkat Teratas -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Dapat Bantuan selama Banjir, Pemkab Donatur Peringkat Teratas

, 11/19/2021 07:37:00 PM
Warga Desa Belitang Satu menerima paket bantuan hasil donasi oleh Pemdes setempat.


Vnn.co.id, Sekadau - Banjir yang melanda Kabupaten Sekadau, khususnya Desa Belitang Satu selama 5 minggu, mendapatkan beragam bantuan dari para donatur. Pemkab Sekadau tercatat sebagai penyumbang terbanyak kategori bantuan beras.


Oleh sebab itu, Kades Belitang Satu mengapresiasi sumbangsih kepedulian dari para donatur yang ada. "Ada banyak penyumbang, terbanyak bantuan beras dari pemkab Sekadau," ungkapnya, Kamis (18/11/21).


Tercatat ada kurang lebih 10,5 ton bantuan beras  dari Pemkab Sekadau. Ada juga bantuan beras dari pihak swasta dan pribadi-pribadi yang didapat oleh desa "Pureh senganan" ini. Untuk bantuan yang telah disalurkan tercatat sudah 8 kali penyaluran bantuan selama ini.


Selain beras, ada beberapa bantuan dari para donatur, seperti minyak goreng, mi instan, garam, bahkan nasi bungkus.


Banjir yang melanda Desa Belitang Satu merupakan banjir terparah yang terjadi di wilayah utara Kabupaten Sekadau. Banjir tahun ini merupakan banjir terparah yang terjadi setelah tahun 1963. Akibatnya, sarana pendidikan, tempat ibadah, dan fasilitas kesehatan serta fasilitas umum lainnya yang ada ikut terendam air.


Desa Belitang Satu secara geografis diapit oleh dua sungai besar, yakni Sungai Belitang dan Sungai Kapuas. Aliran Sungai Belitang di perhuluan terhubung ke Sungai Ketungau dan Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang se-Indonesia. Sungai Belitang bermuara ke Kapuas dan Sungai Ketungau juga bermuara ke Sungai Kapuas. Hal ini menyebabkan banjir menjadi lama melanda  karena wilayah Desa Belitang Satu di Kepung air sungai.


Adapun kedalaman air tertinggi sekitar 3 meter dan hari ini air telah surut tetapi masih menggenangi rumah warga.*


Rep: Muhammad Sandi

Editor: Mega

TerPopuler

close