YouTube Batalkan Rewind untuk Selamanya setelah Bertahun-tahun Dibenci -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

YouTube Batalkan Rewind untuk Selamanya setelah Bertahun-tahun Dibenci

, 10/08/2021 03:34:00 PM

 

Ilustrasi YouTube.


Vnn.co.id, Teknologi - YouTube Rewind adalah sebuah video yang berisikan tren, meme, dan video paling populer tahun itu secara resmi dibatalkan untuk selamanya, perusahaan tersebut mengonfirmasi TubeFilter hari ini, Jumat (8/10/21).


Dari salah satu tweet-nya, YouTube mengatakan, "Kami akan memfokuskan kembali energi kami untuk merayakan Anda dan tren yang menjadikan YouTube dengan jenis pengalaman yang berbeda dan diperbarui."


Meskipun perusahaan tidak menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang akan menggantikan Rewind, YouTube juga akan mengandalkan pembuat konten di platform-nya untuk mengisi celah kosong yang disebabkan oleh mangkatnya YouTube Rewind. Salah satu juru bicara Youtube mengatakan kepada TubeFilter bahwa itu akan terus menginspirasi untuk melihat berbagai cara produsen konten paling kreatif di dunia, paraYouTuber. Merangkum akhir tahun dalam rekap video mereka, karena YouTube menghentikan video Rewind-nya sendiri.


Berita tentang YouTube yang membatalkan Rewind secara permanen bukanlah kejutan besar. Perusahaan ini tidak mengadakan acara tahunan tersebut (YouTobe Rewind), dengan alasan kesulitan tahun ini: 2020 telah berbeda. Dan rasanya tidak benar untuk membuat YouTube Rewind pada masa pandemi.


Namun, Rewind sudah berjuang jauh sebelum pandemi. Video tahun 2018 secara kejam digeser oleh komunitas YouTube (sampai hari ini, video tersebut tetap menjadi video yang paling tidak disukai yang pernah diposting ke platform). Pembuat konten berpendapat bahwa perusahaan mengalihkan fokus dari "komunitas nyata"—termasuk pembuat konten kontroversial seperti Logan Paul dan PewDiePie—demi viewer yang banyak dan hanya ingin mendapatkan adsense dari iklan.


Sedangkan video tahun 2019, berusaha menghindari kontroversi sepenuhnya dengan mengubah formatnya dari kumpulan YouTuber beranggaran besar dari tahun-tahun sebelumnya ke daftar klip yang lebih biasa (dan membosankan) dari pembuat konten, video, dan tren yang paling banyak ditonton.


Namun, apakah diterima dengan baik atau tanpa henti, video Rewind telah menjadi bagian terbesar dari budaya YouTube selama dekade terakhir. Mudah-mudahan, apa pun yang akhirnya dilakukan YouTube untuk menggantikan perayaan akhir tahun yang besar, berakhir dengan sedikit kurang kontroversial pada masa depan, agar kita dapat menikmati Video Rewind dari Youtube lagi.


Rep: Reivandy

Red: Mega

TerPopuler

close