Lakukan 5 Hal Sederhana Ini jika Anda Mulai Jenuh dalam Bekerja! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini jika Anda Mulai Jenuh dalam Bekerja!

, 10/05/2021 07:39:00 PM
Ilustrasi.


Vnn.co.id, Worklife - Kejenuhan adalah hal yang wajar dialami oleh banyak orang. Terutama bagi mereka yang memiliki kegiatan yang sama setiap harinya dan telah dilakukan dalam kurung waktu yang lama. Dalam hal ini, burnout yang dialami oleh para pekerja dapat dipengaruhi oleh budaya perusahaan. Akibatnya, akan memengaruhi kinerja dalam bekerja. Jika seorang pekerja mulai melambat di tempat kerja, maka dapat memicu kreativitas dan fokus.


Pada masa pandemi, masalah kejenuhan menjadi lebih terasa bagi para pekerja. Beban berat dari pandemi global, ditambah dengan laju kehidupan yang meningkat, telah mendorong banyak dari diri individu dan melampaui batas. Model kerja hybrid menggantikan kehadiran kantor penuh waktu; keluarga sering tertatih-tatih antara pembelajaran online, orang dewasa harus bekerja di rumah lagi, dan tuntutan pekerjaan tanpa henti.


Kelelahan merupakan suatu kondisi yang dipicu oleh stres yang ditandai dengan kelelahan, sinisme, dan ketidakefektifan profesional, adalah sindrom diam. Sayangnya, kebanyakan orang bahkan tidak menyadari cengkeramannya secara bertahap atas hidup mereka sampai semuanya terlambat. Pada saat itu, intervensi eksternal diperlukan untuk menggerakkan pekerja burnout menuju perubahan positif.


Apa yang menyebabkan kelelahan?


Terlepas dari tekanan tambahan yang jelas yang disebabkan oleh pandemi, alasan kelelahan dapat ditemukan dalam transformasi teknologi, sosial, dan ekonomi yang luar biasa dalam dua generasi terakhir. Orang-orang telah kehilangan tujuan hidup mereka. Dengan begitu, banyaknya pilihan dan perubahan peran sosial, laki-laki dan perempuan di seluruh dunia kehilangan rasa orientasinya.


Kelelahan saat ini, telah merayap lambat dan terakumulasi selama bertahun-tahun oleh perfeksionisme, stres, dan kewalahan. Hal ini tidak secara khusus diperuntukkan bagi para profesional atau selebritas peringkat tertinggi, meskipun milik mereka mungkin paling terlihat. Burnout bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. 


Penelitian saat ini menunjukkan bahwa perubahan organisasi harus terjadi untuk melindungi karyawan dari kelelahan. Orang yang bekerja lebih dari 40 jam seminggu enam kali lebih mungkin mengalami burnout daripada mereka yang bekerja lebih sedikit. Perfeksionis lebih rentan terhadap kelelahan daripada tipe kepribadian lainnya, meskipun kepribadian saja tidak dapat menjelaskan penyebarannya saat ini.


Saat individu terus mendorong batas kapasitasnya sendiri, banyak dari mereka mulai menyadari bahwa dirinya tidak akan pernah bisa secepat, sesempurna, atau setepat mesin yang melayani. Namun individu masih terlibat dalam perlombaan melawan waktu, melawan diri sendiri dan orang lain untuk mempertajam keunggulan kompetitif yang segera menjadi pedang bermata dua, mengiris kita di tengah keberadaan diri. Kelelahan terjadi, hidup kita terurai, dan banyak orang yang menempuh jalan itu merasa semakin sulit untuk kembali ke tempat kebahagiaan sejati.


5 tips untuk mengatasi kejenuhan:


1. Bertahanlah!


Ketahanan adalah sesuatu yang bisa Anda pelajari. Ini dimulai dengan latihan sederhana dalam rasa syukur. Sebutkan satu hal yang Anda syukuri setiap hari selama satu bulan. Tuliskan dalam jurnal untuk melacak pada hari-hari yang paling Anda butuhkan. Ini akan membantu Anda mengubah pola pikir Anda ke arah hal-hal positif dalam hidup Anda.


2. Cintai diri Anda!


Anda wajib memberi diri Anda momen kegembiraan setiap hari. Lakukan satu hal baik untuk diri sendiri karena perawatan diri itu penting. 


3. Tersenyumlah pada orang asing!


Sukacita itu menular—dengan cara yang baik. Lihatlah apa yang terjadi. Bahkan dengan topeng, matamu menyampaikan kebaikan. Untuk itu, Anda dapat memulai untuk menyampaikannya kepada mereka.


4. Habiskan waktu di alam


Ini adalah kebenaran yang sudah ketinggalan zaman! Waktu Anda di luar, dekat dengan alam dapat mengangkat suasana hati. Anda dapat berjalan-jalan melalui hutan, memeluk pohon di taman, atau ambil napas dalam-dalam saat Anda berjalan-jalan di taman.


5. Bernapaslah!


Bebas kapan saja, Anda dapat mengambil lima napas perut pembersihan saat Anda merasakan ketegangan meningkat. Oksigen ekstra dalam darah akan membantu Anda fokus dan menenangkan pikiran Anda.


6. Terhubung dengan orang yang Anda cintai


Bahkan jika Anda berjauhan secara geografis, luangkan waktu untuk menjangkau. Berbagi pemikiran Anda dengan orang lain sangat membantu. Ingat, media online sangat memudahkan kita untuk bertemu dengan mereka yang kamu cintai. 


Pada akhirnya, Anda adalah tuan atas hidup Anda sendiri, tidak peduli betapa mustahilnya hal itu kadang-kadang terlihat. Anda dapat membendung gelombang kelelahan. 


Penulis: Shania Dea Menany Soputan

Editor: Mega

TerPopuler

close