Breast Cancer Awarness Month: Pentingnya Pemeriksaan Kanker Payudara Sejak Dini -->

Breast Cancer Awarness Month: Pentingnya Pemeriksaan Kanker Payudara Sejak Dini

, 10/13/2021 08:17:00 PM

 

Ilustrasi dari Freepik.com.


Vnn.co.id, Internasional - Bulan Oktober diperingati sebagai bulan Breast Cancer Awearness yang kebetulan jatuh pada tanggal 26. Selain tanggal tersebut, 13 Oktober juga diperingati No Bra Day yang memiliki tujuan sama.

 

Peringatan Hari Tanpa Payudara ini bukanlah sebuah kegiatan yang vulgar, melainkan untuk memberikan informasi tentang pentingnya pemeriksaan diri mengenai kanker payudara. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker dengan angka diagnosis yang tinggi.

 

Melansir situs World Health Orgainization (WHO), sebanyak 2,3 juta orang di dunia terdiangnosis kanker payudara dari 19,3 juta pengidap kanker. Dari banyaknya pengidap kanker payudara, sebesar 685.000 orang meninggal secara global pada tahun 2020. Selain itu, sampai di penghujung 2020 terdapat 7,8 juta wanita hidup terdiagnosis mengidap kanker payudara dalam 5 tahun terakhir, dan menjadikan kanker paling banyak ditemui di seluruh dunia.

 

Melihat data pengidap kanker payudara di dunia yang begitu banyak, Indonesia pun mendapatkan masalah yang sama dengan tingginya pengidap kanker payudara. Pada tahun 2020, terdapat 68.858 orang mengidap kanker payudara dengan presentase sebesar 16,6 persen dari 396.914 total keseluruhan orang terdiagnosis semua jenis kanker di Indonesia. Selain itu, angka kematian yang diakibatkan kanker payudara sebesar 22 ribu orang pada tahun 2020.

 

Tingginya pengidap kanker payudara di Indonesia, bahkan dunia, mengindikasikan bahwa masayarakat, khusunya perempuan perlu sejak dini memeriksakan diri untuk mendeteksi kanker payudara. Pentingnya pemeriksaan sejak dini guna meningkatkan kualitas hidup dan juga dapat memberikan penanganan atau pemberian pengobatan sebelum kanker tersebut lebih kompleks.

 

Mengutip halodoc.com, penanganan kanker payudara kebanyakan datang dari pasien yang datang karena sudah terdapat gejala dengan skala menegah. Seharusnya, jika rutin memeriksa kesehatan payudara serta melakukan pendeteksian sejak dini, dapat mencegah kanker payudara serta meminimalkan penyebarannya apabila dalam stadium awal atau baru terlihat setelah dilakukannya deteksi menggunakan momografi.

 

Momografi merupakan salah satu metode untuk mendeteksi kanker payudara yang dapat menemukan dan mencari sel-sel kanker sebelum terjadinya benjolan atau gejala lainnya. Mendeteksi  secara dini juga untuk mengenali sejak awal gejala serta melihat apakah gejala tersebut dapat berkembang menjadi kanker.

 

Kanker payudara memang memiliki kasus kanker tertinggi, sebaiknya masyarakat juga tidak lupa dan tetap waspada terhadap semua jenis kanker yang ada. Menjalani pola hidup sehat merupakan salah satu pencegahan awal dari seluruh penyakit yang ada di dalam tubuh.


Penulis: Rizky Dwi

Editor: Mega

TerPopuler

close