Gempa Bumi Mengguncang Gunung Kidul dan Jembrana dengan Jarak 2 Menit -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Gempa Bumi Mengguncang Gunung Kidul dan Jembrana dengan Jarak 2 Menit

, 11/24/2020 12:07:00 PM

 

Ilustrasi grafik pencatat kekuatan gempa (Foto: sains.kompas.com).

Vnn.co.id, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dua gempa yang terjadi di dua titik tersebut masing-masing berkekuatan magnitudo 4.2 dan 4.1. Gempa tersebut mengguncang Gunung Kidul yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jembrana, Bali dengan jarak waktu 2 menit.

Berdasarkan data BMKG melalu laman resminya yang dipantau di Jakarta, hari ini (24/11/2020), gempa pertama berada di laut 81 kilometer barat daya Gunung Kidul sekitar pukul 00.06. WIB.

BMKG mencatat daerah yang merasakan getaran gempa tersebut ada di tiga kabupaten sekitar, yakni Pacitan dan Trenggelek dengan skala intensitas III (MMI) dan skala intensitas II (MMI) di Bantul. Gempa tersebut berada pada titik koordinat 8.72 Lintang Selatan dan 110.59 Bujur Timur dengan kedalaman 24 kilometer.

Skala Intensitas III MMI, getarannya dirasakan nyata dalam rumah, seperti ada truk berlalu. Sedangkan, skala intensitas II MMI, getarannya dirasakan oleh beberapa orang, atau benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian, selang dua menit pada pukul 00.08 WIB, gempa kedua berpusat di laut sekitar 67 kilometer barat daya Kabupaten Jembrana, Bali dengan magnitudo 4.1. Gempa tersebut berpusat di titik koordinat 8.95 Lintang Selatan dan 114.53 Bujur Timur dengan kedalaman 78 kilometer.

BMKG menjelaskan gempa tersebut dirasakan skala II MMI di Badung, Bali. Sampai saat ini, belum ada laporan lanjutan terkait dua gempa yang terjadi dalam waktu berdekatan tersebut.

Sumber: antaranews.com

Penulis: Party Happy Septiani

Editor: Mega

TerPopuler

close