DPRD Jabar Dukung Percepatan Pemekaran Daerah Otonomi Baru -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

DPRD Jabar Dukung Percepatan Pemekaran Daerah Otonomi Baru

, 10/05/2019 12:14:00 PM
DPRD Provinsi Jabar melakukan audiensi dengan Forkoda PP DOB Jabar di Gedung DPRD Jabar, Jumat (4/10/2019). (Dok. DPRD Jabar)
Vnn.co.id, Bandung - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat melakukan audiensi dengan Forum Komunikasi Daerah Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda PP DOB) Jabar, di Gedung DPRD Jabar, Jumat (4/10/2019). 

Dihadiri oleh Anggota DPRD Jabar dari setiap perwakilan Daerah Pemilihan (Dapil), dalam audiensi tersebut Forkoda PP DOB Jabar mendesak Pemprov Jabar melalui DPRD untuk segera melakukan percepatan pembentukan DOB.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jabar Achmad Ru’yat mengatakan, luasnya wilayah dan jumlah penduduk di Provinsi Jabar menjadi alasan perlunya percepatan pembentukan DOB. Pembentukan DOB, sambung dia, ditujukan untuk lebih mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

"DOB ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan publik," ujar Ru’yat kepada wartawan usai audiensi, Jumat (4/10). Pihaknya pun mendukung adanya aspirasi dari Forkoda PP DOB Jabat terkait pencabutan moratorium DOB. Sebab, tegas dia, beberapa daerah di Provinsi Jabar memiliki banyak potensi untuk dimekarkan.

Selain itu Forkoda PP DOB Jabar mengusulakan pemekaran daerah otonomi baru ini menjadi prolegda prioritas di DPRD Provinsi Jawa Barat.

Foto bersama DPRD Jabar dengan Forkoda PP DOB Jabar
"Tentu hal ini akan kami sampaikan ke Komisi I DPRD Jabar untuk dilakukan suatu program dimasukan ke dalam prolegda. Hal ini akan kami koordinasikan dengan Gubernur melaui surat yang nanti akan disiapkan demikan pula kepada Komisi II DPR RI yang memang memiliki kewenangan disana dan ke Kemendagri melalui Ditjen Otda," katanya. 

Mengenai target jumlah DOB di Jawa Barat Ia menyatakan, hal tersebut akan disesuaikan dengan kajian naskah akademik dan disesuaikan dengan kewenangan pusat.

"Kami berharap Pemerintah Pusat mendengar betul dari teman-teman demikian sangat gigih dengan maksud dan tujuan meningkatkan dan mendekatkan pelayanan publik, meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.


Rep: ZUL
Red: RMD

TerPopuler

close